Daftar Film yang Cocok Ditonton saat 17 Agustus, Sambut Kemerdekaan ke-75

Reza Gunadha | Vita
Daftar Film yang Cocok Ditonton saat 17 Agustus, Sambut Kemerdekaan ke-75
Petikan trailer film Soekarno Indonesia Merdeka [YouTube]

Menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75, isi waktu luang dengan menonton film ini.

Suara.com - Memasuki bulan Agustus, Republik Indonesia akan menyambut hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tidak ada salahnya untuk mengisi waktu dengan menonton film yang dibuat untuk mengenang perjuangan-perjuangan para pahlawan untuk mendapatkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mulai dari Film yang menceritakan tentang kehidupan atau profil pahlawan Indonesia hingga film yang menceritakan tentang perjuangan saat melawan peperangan.

Berikut Suara.com rangkum 7 Film yang cocok ditonton saat 17 Agustus:

  1. Soekarno: Indonesia Merdeka

    Menceritakan tentang sosok Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno, dalam film ini Soekarno diperankan oleh Ario Bayu. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diporduseri oleh Raam Punjabi, film ini dirilis pada tahun 2013. Diceritakan mulai dari masa kecil hingga saat Soekarno menjadi Bapak Proklamator, tidak lupa dalam film ini juga menampilkan sosok Mohammad Hatta yang diperankan oleh Lukman Sardi.

  2. Kartini

    Siapa yang tak mengenal sosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita ini, diperingati setiap tanggal 21 April tepat di hari kelahiran sang pahlawan.

    Film Kartini dirilis pada tahun 2017 dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo. Film ini menceritakan perjuangan sosok Kartini mulai dari mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara. Menceritakan pula tentang perjuangannya untuk menyetarakan hak bagi orang baik ningrat atau bukan terutama hak seorang perempuan.

  3. Naga Bonar

    Film Naga Bonar adalah film komedi yang berlatar belakang situasi tahun 1987. Diperankan oleh aktor senior yaitu Deddy Mizwar, menceritakan tentang peristiwa perang kemerdekaan Indonesia ketika melawan kedatangan pasukan Kerajaan Belanda pasca Kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara.

    Diceritakan Naga Bonar merupakan seorang pencopet di Medan yang sering keluar masuk penjara Jepang. Memiliki dialog khas yaitu 'Apa Kata Dunia?' juga memiliki sekuel yaitu 'Naga Bonar (jadi) 2' yang diperankan oleh Deddy Mizwar dan Tora Sudiro.

  4. Merah Putih

    Film ini dirilis pada tahun 2009, sebagai film pertama yang diproduksi untuk menceritakan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Film ini menjadi film seri pertama dalam Trilogi Merdeka yang diprodksi oleh kolaborasi Media Desa Indonesia mili Djojohadikusumo dan rumah produksi film Margate House.

    Merah Putih menjadi film yang diambil berdasarkan sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947 saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah.

    Dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola dan Darius Sinathrya. Kelimanya menjadi kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang, mereka memiliki latar belakang, suku dan agama yang berbeda.

  5. Darah Garuda

    Film Darah Garuda menjadi film kedua dalam Trilogi Merdeka yang dirilis pada tahun 2010. Darah Garuda atau Merah Putih II ini menceritakan kelanjutan dari perjuangan para pahlawan yang diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Ario Bayu dan Teuku Rifnu.

    Menceritakan para kadet ini yang terhbung dengan kantor pusat Jendral Sudirman dimana mereka diberi sebuah tugas rahasia di belakang garis musuh di Jawa Barat. Sebuah serangan gaya komando pada lapangan udara yang membalikkan perlawanan para pemberontak melawan Jendral Van Mook.

  6. Hati Merdeka

    Film Hati Merdeka merupakan film ketiga dalam seri Trilogi Merdeka yang dirilis pada tahun 2011. Melanjutkan perjuangan mereka yang sudah menyelesaikan misi yang berakhir tragis yaitu mundurnya salah satu anggota kelompok ini yang diperankan oleh Lukman Sardi.

    Tanpa sosok pemimpin, mereka melanjutkan dendam dalam perjalanan misi mereka ke Bali untuk membalas denam kepada Belanda. Mereka dikirim ke Bali untuk membunuh Kolonel Raymer yang telah membunuh keluarga Tomas yang diperankan oleh Donny Alamsyah.

  7. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

    Siapa yang tidak mengenal sosok pahlawan yang satu ini, film ini menceritakan tentang biografi tokoh pahlawan nasional Tjokroaminoto. Dirilis pada tahun 2015 film ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan diproduseri oleh aktris legendaris Christine Hakim.

    Sosok Tjokroaminoto diperankan oleh aktor Reza Rahardian, menceritakan tentang kesenjangan sosial dan pengelompokan kasta yang masih sangat terlihat, membuat Tjokroaminoto yang terlahir dari kaum bangsawan di Ponorogo ingin berbuat baik untuk menyelamatkan bangsanya.

Itulah film yang cocok untuk ditonton saat 17 Agustus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS