alexametrics

Jadi Pelajaran, Ruben Onsu Minta Pengusaha Daftarkan Merek ke HAKI

Ferry Noviandi
Jadi Pelajaran, Ruben Onsu Minta Pengusaha Daftarkan Merek ke HAKI
Roben Onsu dan Jordi Onsu [Yuliani/Suara.com]

Pernyataan Ruben Onsu didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

Suara.com - Ruben Onsu dan Jordi Onsu sempat dibuat pusing karena merek usahanya, Geprek Bensu diperebutkan dan dia harus rela kehilangan atas nama tersebut. Tak mau terjadi terhadap orang lain, suami Sarwendah ini pun mengimbau kepada pengusaha untuk mendaftarkan merek usahanya ke Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Hal itu disampaikan Ruben Onsu dalam sebuah diskusi edukatif dengan tema, "Pentingnya Mendaftarkan Merk sebagai Dasar Suatu Usaha", yang berlangsung virtual, baru-baru ini.

Menparekraf Sandiaga Uno saat berdialog dengan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) [Kemenparekraf].
Menparekraf Sandiaga Uno [Kemenparekraf].

"Pendaftaran merek adalah menjadi hal paling penting dalam memulai usaha. Ini sebagai legalitas kita. Saat usaha berkembang, maka kita akan merasa aman dengan merek dagang yang sudah kita daftarkan. Saya memetik pelajaran dari apa yang saya alami," kata Ruben Onsu.

Di momen yang sama, Jordi Onsu pun sepakat apa yang disampaikan sang kakak. Menurutnya, pendaftaran merek ke HAKI sebagai bentuk "investasi" jangka panjang dalam usaha.

Baca Juga: Biodata Betrand Peto dan Prestasi Anak Angkat Ruben Onsu-Sarwendah

"Pelaku usah wajib daftar merek dan ini menjadi dasar suatu usaha. Ini benar-benar penting untuk usaha kita dalam jangka panjang," kata Jordi Onsu menimpali.

Pernytaaan Jordi dan Ruben Onsu diamini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Ia melihat masih banyak pengusaha yang masih lalai mendaftarkan merek dagangnya.

"Kadang-kadang sebagai pengusaha asyik bikin produk terus jualannya laku, tapi kita nggak jaga aset kita," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno pun berharap kejadian yang menimpa Jordi dan Ruben Onsu tak terulang kepada pengusaha lainnya.

"Hati-hati Jordi dan UMKM lainnya. Sebagai alat bukti bagi pemilik, merek harus didaftarkan," ucap Sandiaga Uno.

Baca Juga: Penjual Bakso Pikul Viral Bertemu Ruben Onsu, Instagram Barunya Kini Ramai

Tak hanya memberi imbauan, Sandiaga Uno juga akan mempermudah bagi para pelaku usaha untuk mendaftarkan merek dagangnya.

Komentar