alexametrics

Ahmad Dhani : Nggak Ada Slank, Nggak Ada Dewa 19

Yazir Farouk
Ahmad Dhani : Nggak Ada Slank, Nggak Ada Dewa 19
Ahmad Dhani. (Antara/Teresia May).

"Jadi Slank juga lah yang membuat kami, Dewa 19 berani membuat demo," kata Ahmad Dhani.

Suara.com - Ahmad Dhani harus mengakui bahwa Slank jadi salah satu yang memengaruhinya dalam bermusik hingga besar bersama band besutannya, Dewa 19.

Slank yang berdiri sejak 1983 dan meraih masa keemasan di era 90-an, membuat Ahmad Dhani semangat berkarier di industri musik Tanah Air. Dhani mengakui grup yang dikomandani Bimbim itu mengubah selera musik orang Indonesia kala itu.

"Jadi Slank juga lah yang membuat kami, Dewa 19 berani membuat demo, membuat lagu baru sendiri yang tidak sama dengan musik-musik saat itu tahun 90an," kata Ahmad Dhani di kanal YouTube Video Legend, dikutip Jumat (5/3/2021).

Menurut Dhani, Slank adalah grup musik pop/rock paling sukses di tahun 90-an. Pencapaian tersebut memantik Dhani dan personel Dewa 19 lainnya fokus di musik.

Baca Juga: Lagu Kangen Dewa 19 Raih Penghargaan Billboard

"Dewa 19 berani meninggalkan bangku kuliah, saya sendiri waktu itu nggak kuliah, dan berani merekam lagu sendiri dan menawarkan kepada perusahaan rekaman," ujar suami Mulan Jameela ini.

Bahkan Ahmad Dhani punya perumpamaan sendiri menggambarkan betapa Slank sangat memengaruhinya dalam hal bermusik.

"Harus diakui, jujur, nggak ada Slank nggak ada Dewa 19. Maksudnya Dewa tidak punya keberanian terjun ke dunia musik karena Slank waktu itu sukses. Masak Slank sukses kita nggak sukses," kata Ahmad Dhani.

Slank adalah satu dari 10 musisi Indonesia yang memengaruhi Ahmad Dhani. Selain Slank, mereka yang juga jadi inspirasinya antara lain Kla Project, Dian Pramana Putra, Fariz RM, hingga Krakatau.

Slank dibentuk Bimbim pada 26 Desember 1983. Dari dilahirkan hingga sekarang, pemilik lagu Mawar Merah itu sudah berkali-kali ganti personel.

Baca Juga: Ahmad Dhani Kenang Bentuk Dewa 19 di Sekolahan Maia Estianty

Formasi terkini Slank adalah Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ridho (gitar), Abdee (gitar), dan Ivanka (bass).

Komentar