Rina Nose Ngeluh Bayar Mahal Demi Karantina Nenek, Begini Aturan dari Pemerintah

Farah Nabilla
Rina Nose Ngeluh Bayar Mahal Demi Karantina Nenek, Begini Aturan dari Pemerintah
Rina Nose [Instagram]

Padahal, nenek Rina Nose telah dinyatakan negatif Covid-19.

Suara.com - Rina Nose baru-baru ini menceritakan bahwa sang nenek yang baru saja pulang dari Amerika diwajibkan untuk menjalani karantina dan membayar biayanya sendiri, padahal sang nenek dinyatakan negatif Covid-19. Aturan soal karantina mandiri ini pernah dibeberkan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Artis Rina Nose menuliskan curhat panjangnya mengenai kondisi sang Oma yang harus membayar biaya karantina mandiri di hotel setibanya di Indonesia. 

Rina Nose [Suara.com/Sumarni]
Rina Nose [Suara.com/Sumarni]

"Bayar sendiri Rp 6,8 juta untuk hotel, dua kali PCR dan segala fasilitas hotel lainnya," terang Rina Nose lewat unggahan InstaStory Minggu (13/6/2021).

Lantas bagaimana seharusnya aturan karantina mandiri di hotel dilakukan?

Baca Juga: Rumah Tangganya Jadi Sorotan Usai Melaney Ricardo Soal Anak, Rina Nose Ungkap Keresahannya

Unggahan Rina Nose [Instagram/@rinanose16]
Unggahan Rina Nose [Instagram/@rinanose16]

Dikutip dari laman resmi Sekeretariat Kabinet, Surat Keputusan (SK) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Tempat Karantina, Isolasi, dan Kewajiban RT-PCR Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Pelaku Perjalanan Internasional mencantumkan beberapa poin soal aturan pembiayaan tempat isolasi/karantina dan tes RT-PCR bersumber dari Dana Siap Pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Dalam SK tersebut hanya ada tiga golongan masyarakat yang dibantu pemerintah terkait biaya karantina mandiri yakni mahasiswa atau pelajar, pekerja migran Indonesia, dan pegawai pemerintah.

Rina Nose [Yuliani/Suara.com]
Rina Nose [Yuliani/Suara.com]

Sementara itu untuk masyarakat sipil seperti Oma Rina Nose tidak termasuk dalam golongan yang dibantu pembiayaannya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Rina Nose mengeluhkan soal kondisi sang Oma yang baru saja pulang dari Amerika harus melakukan karantina mandiri di hotel selama lima hari dan membayar sendiri semua biaya karantina padahal telah dinyatakan negatif Covid-19 melalui dua tes PCR.

Rina Nose dan pacar, Josscy. [Instagram]
Rina Nose dan pacar, Josscy. [Instagram]

"Oma sehat, Oma negatif, sudah dua kali vaksin dan tetap menggunakan masker," tulis Rina Nose di Instagram Story, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Rina Nose Akhirnya Buka-bukaan Soal Alasan Dirinya Suka Ladeni Komentar di Medsos

Rina menyatakan bahwa semua fasilitas di hotel yang harus dibayar itu bahkan tak dibutuhkan sang Oma.