alexametrics

Dikecam Netizen Korea, MBC Minta Maaf Kepada Warga Asing: Ada Apa?

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Rosiana Chozanah
Dikecam Netizen Korea, MBC Minta Maaf Kepada Warga Asing: Ada Apa?
MBC (Koreaboo)

Banyak netizen Korea yang mengecam mereka, hingga MBC meminta maaf sebanyak tiga kali.

Suara.com - Stasiun televisi Korea Selatan, MBC, kembali meminta maaf atas tindakan kontroversialnya beberapa waktu ini terkait penggunaan gambar dan kata tidak pantas saat memperkenalkan negara-negara yang bersaing di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Permintaan maaf MBC (Twitter)
Permintaan maaf MBC (Twitter)

Berdasarkan laporan Koreaboo, stasiun televisi tersebut telah mengeluarkan permintaan maaf ketiga di akun Twitter resminya.

Permintaan maaf pertama diucapkan segera setelah upacara pembukaan disiarkan. Tetapi para penonton mendorong mereka untuk melakukannya secara lebih resmi.

Permintaan maaf MBC (Twitter)
Permintaan maaf MBC (Twitter)

"Dalam liputan Upacara Pembukaan hari ini, kami menggunakan gambar yang tidak pantas untuk memperkenalkan atlet yang mewakili negara seperti Ukraina dan Haiti. Kami juga menggunakan teks yang tidak pantas untuk menyoroti beberapa negara lain. Kami meminta maaf kepada pemirsa dan orang-orang Ukraina dan negara-negara lain," tulis MBC.

Baca Juga: Tak Cuma It's Okay To Not Be Okay, 6 Drama Korea Ini Juga Angkat Isu Kesehatan Mental

Kemudian, MBC meminta maaf untuk kedua kalinya dalam bahasa Korea. Tetapi cuitan permintaan maaf tersebut kembali mendapat kritik pedas oleh netizen Korea karena dinilai tidak akan dimengerti oleh orang asing.

Hingga akhirnya MBC kembali mencuit permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan menyematkannya di bagian beranda paling atas.

Permintaan maaf MBC (Twitter)
Permintaan maaf MBC (Twitter)

Sayangnya, kalimat yang menyebutkan bahwa "gambar dan kata yang mereka gunakan dimaksudkan untuk memudahkan penonton memahami negara" justru memicu diskusi online lainnya. Netizen Korea tidak ingin disalahkan dan citranya menjadi buruk di mata publik.

"Membuat lebih mudah bagi pemirsa?! Oh, tidak mungkin. Jangan berani-beraninya menyalahkan kami. Kalian pasti berpikir kami benar-benar bodoh... ini ketidaktahuan kalian, ini salah kalian, ini semua pada kalian, MBC. Berhenti membuat alasan dan tutup bisnisnya. Kalian sudah kehilangan semua profesionalisme dan tidak punya apa-apa lagi," tulis salah seorang netizen.

Baca Juga: Sinopsis Pinocchio, Drama Korea Populer Dibintangi Lee Jong Suk dan Park Shin Hye

Komentar