alexametrics

Segera Jalani Operasi Besar, Chef Haryo Ungkap Penyakit yang Diidap

Sumarni | Yuliani
Segera Jalani Operasi Besar, Chef Haryo Ungkap Penyakit yang Diidap
Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]

Dia juga membutuhkan banyak donor darah.

Suara.com - Kabar kurang menyenangkan datang dari Chef Haryo. Belum lama ini, ia mengumumkan di Instagramnya akan menjalani operasi besar dan membutuhkan donor darah.

Kekinian diketahui, Chef Haryo mengalami penyakit serupa dengan yang pernah dialami mendiang Bondan Winarno. Kondisi tersebut bernama diseksi aorta kronis de bakey standford type A.

Unggahan Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]
Unggahan Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]

"Ternyata sakitnya mirip dengan alm Bondan Winarno yang dulu dikenal Maknyus itu. Pak Dahlan Iskan juga sama. Masalahnya di Aorta juga," kata Chef Haryo saat dihubungi wartawan, Sabtu (26/9/2021).

Penyakit yang menyerang jantung (aorta) itu umumnya dialami oleh lansia usia 60 sampai 70-an. Chef Haryo juga menegaskan sakitnya ini bukan karena gaya hidup yang tak sehat.

Baca Juga: Mohon Bantuan, Chef Haryo Butuh Donor Darah O untuk Operasi Jantung

"Jadi itu (penjelasan mudahnya) kerusakan pembuluh darah aorta, jadi ini bukan penyumbatan bukan masalah orang gemuk atau makan tidak teratur, tetapi pembuluh besar darah aorta saya itu pecah di dalam," bebernya.

Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]
Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]

Chef Haryo justru mengaku gemar berolahraga sejak muda. Namun karena terlalu diforsir, pembuluh darah jantungnya sampai sobek.

"Iya pada saat olahraga keras, freeletics (ketahuan sakitnya). Jadi saya ketemu trotoar push up, ketemu apa pun, ketemu pohon naik pohon, benar-benar olahraga keras, olahraga fisik untuk stamina," kata Chef Haryo.

"Saya suka tinju, samsak, tapi dilakukan pada saat darah tinggi itu yang nggak boleh," sambungnya lagi.

Unggahan Gary Iskak mengenai bantuan donor darah untuk Chef Haryo [Instagram/@iskak_gary]
Unggahan Gary Iskak mengenai bantuan donor darah untuk Chef Haryo [Instagram/@iskak_gary]

Sakit Chef Haryo itu diketahuinya sejak 2019. Namun, ia baru akan menjalani tindakan pada 30 September ini untuk operasi. Hal itu diumumkannya di instagram pribadi dengan memohon bantuan donor darah O+.

Baca Juga: Alami Kecelakaan, Azriel Hermansyah Bikin Ashanty Bangga

"Saya Chef Haryo Probogiri akan melakukan operasi besar jantung aorta pada hari kamis 30 september 2021 di RS Jantung Harapan Kita dan membutuhkan donor darah O+ (belum di vaksin covid)" tulis Chef Haryo beberapa waktu lalu.

"Konfirmasi kesediaan donatur darah O maximal hari Senin 26 september 2021 donasi darah sudah diterima oleh istri saya. Sherly Milana di nomer+62812-9677-878," sambungnya menjelaskan.

Komentar