alexametrics

5 Cucu Soekarno yang Terkenal, Ada yang Baru Pindah Agama

Farah Nabilla
5 Cucu Soekarno yang Terkenal, Ada yang Baru Pindah Agama
Cucu Soekarno yang terkenal. Paundrakarna dan Sukmawati Soekarnoputri. [Instagram/aryawedakarna]

Empat cucu Soekarno yang terkenal berikut ini belakangan jadi perhatian, termasuk putra Sukmawati Soekarnoputri.

Suara.com - Kabar terbaru dari Sukmawati juga membuat keluarga Presiden Soekarno kembali mencuri sorotan. Salah satunya mengenai cucu-cucu Soekarno yang telah dikenal masyarakat luas. Siapa saja cucu Soekarno yang terkenal? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Belakangan kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama ke Hindu bikin geger publik. Rencananya Sukmawati akan melaksanakan ritual pindah agama di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja Bali pada Selasa (26/10/2021).

Sukmawati Soekarnoputri di ILC.(Youtube ILC)
Sukmawati Soekarnoputri di ILC.(Youtube ILC)

Selain Sukmawati Soekarnoputri, berikut deretan cucu Soekarno yang terkenal.

1. Puan Maharani

Baca Juga: Profil Sukmawati Soekarnoputri, Adik Megawati Putuskan Pindah Agama Hindu

Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Puan Maharani menjabat sebagai ketua DPR RI untuk periode 2019-2024. Puan merupakan putri dari Megawati Soekarnoputri sekaligus cucu Presiden Soekarno. Karier politik Puan mulai dilirik saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sejak muda, fokus utama Puan Maharani telah tertuju ke dunia politik. Wanita kelahiran 6 September 1973 tersebut aktif di organisasi saat kuliah di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi. Darah politik tak hanya mengalir dari kakek dan ibu, melainkan juga ayah Puan yang menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2009-2014 yakni almarhum Taufik Kiemas. Puan juga pernah menempati posisi Ketua Fraksi PDIP periode 2009-2014.

2. Paundrakarna

Paundrakarna. [Instagram/aryawedakarna]
Paundrakarna. [Instagram/aryawedakarna]

GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara merupakan putra Sukmawati Soekarnoputri yang belakangan bikin heboh karena pindah agama Hindu. Paundrakarna sempat menghiasi layar kaca dengan membintangi sinetron "Gita Cinta dari SMA" (2003). Kala itu cucu presiden Soekarno ini juga merilis album "Sebuah Awal" dengan lagu andalan berjudul "Galih dan Ratna" yang merupakan nama tokoh di sinetron "Gita Cinta dari SMA". Ia pun sempat berperan di film "Rudy Habibie" (2016) sebagai karakter antagonis bernama Mario.

Belum lama ini, Paundrakarna bikin heboh setelah pernyataannya soal tahta Kerajaan Mangkunegara. Pria kelahiran 19 April 1979 ini menegaskan bahwa ia adalah cucu Presiden Soekarno sekaligus cucu Mangkunegara VIII. Seperti diketahui, Paundrakarna adalah putra mendiang Mangkunegara IX yang telah bercerai dari Sukmawati Soekarnoputri. Mangkunegara IX wafat pada 13 Agustus 2021 sehingga penerus tahtanya sedang ramai diperbincangkan. Paundra pun menjadi salah satu calon penerus tahta Mangkunegara.

Baca Juga: Ikuti Agama Eyangnya, Sukmawati Soekarnoputri Ibu dari Paundra Pindah Agama Hindu

3. Didi Mahardika

Komentar