alexametrics

5 Drama Korea yang Tuai Kontroversi, Snowdrop Bukan Satu-satunya

Yohanes Endra
5 Drama Korea yang Tuai Kontroversi, Snowdrop Bukan Satu-satunya
Drama Korea yang Tuai Kontroversi [Soompi]

Apa saja drama Korea yang tuai kontroversi? Simak daftarnya.

Suara.com - Serial drama Snowdrop yang dibintangi oleh Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In akhirnya jadi tayang setelah sempat dihujani kecaman dari masyarakat Korea. Rencananya, drakor dengan genre komedi gelap tersebut akan dirilis pada 18 Desember 2021 mendatang di saluran televisi JTBC.

Usut punya usut, Snowdrop bukanlah drama Korea pertama yang pernah diboikot. Sebelumnya, sudah ada beberapa drama yang penuh pro dan kontra yang tayang di dua tahun terakhir ini, baik karena skandal artis yang membintangi drama tersebut ataupun karena alur ceritanya yang dinilai terlalu vulgar atau dianggap sebagai distorsi sejarah. Penasaran apa saja drama Korea yang tuai kontroversi? Ini dia daftarnya.

1. Snowdrop (2021)

Fakta Snowdrop (instagram/jtbcdrama)
Drama Korea yang Tuai Kontroversi (instagram/jtbcdrama)

Sempat diboikot, drama pertama Jisoo BP sebagai pemeran utama yang berlatarkan di tahun 1987 ini dituding terinspirasi dari kisah nyata yang cukup kontroversial. Pasalnya, drama Snowdrop tersebut tak hanya menggambarkan rezim militer dan situasi politik saat pemilihan presiden tahun 1987, tetapi juga tentang gerakan pro-demokrasi.

Baca Juga: Lee Kwang Soo, Seolhyun AOA, Jin Hee Kyung akan Bintangi Drama Muderer Shopping List

Apalagi, nama tokoh utama dalam drama tersebut sama persis dengan tokoh pro-demokrasi di era tersebut, yaitu Young Cho. Bahkan, kisah cintanya dengan seorang pemuda yang disinyalir sebagai mata-mata Korea Utara yang sengaja berkonspirasi melawan pemerintah pun sama. Khawatir akan mendistorsi sejarah, masyarakat Korea pun melayangkan petisi untuk menghentikan drama tersebut.

2. Mr. Queen (2020)

Mr. Queen (Soompi)
Drama Korea yang Tuai Kontroversi (Soompi)

Drama saeguk Mr. Queen yang tayang di akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ini juga tak luput dari kontroversi. Berkisah tentang Jang Bong Hwan, seorang chef di Blue House di dunia modern, yang tiba-tiba merasuki tubuh Ratu Cheorin yang hidup di Dinasti Joseon.

Drama tersebut dianggap sebagai distorsi sejarah karena publik tak terima dengan adanya dialog yang menyebut Catatan Sejarah Dinasti Joseon sebagai tabloid. Ditambah lagi, beberapa tokoh fiktif dalam drama tersebut digambarkan memiliki karakteristik yang mirip dengan tokoh sejarah yang ada.

Selain itu, banyak orang yang mengecam adanya permainan minum-minum yang diiringi musik saat ritual leluhur kerajaan di Kuil Jongmyo sedang digelar.

Baca Juga: Anya Geraldine Ngaku Malas Nonton Drama Korea, Kenapa?

3. Backstreet Rookie (2020)

Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)
Drama Korea yang Tuai Kontroversi (Instagram/@sbsdrama.official)

Tak hanya menjadi drama paling populer di tahun 2020 lalu, drama Backstret Rookie ini juga disebut sebagai drama Korea yang tuai kontroversi paling banyak. Baru tayang dua episode, drama tersebut mendapat ribuan kecaman karena banyaknya adegan provokatif di dalamnya.

Tak hanya menampilkan adegan anak SMA yang merokok, berkelahi, dan melawan orang tua, drama tersebut juga memperlihatkan tempat prostitusi ilegal dan sketsa cewek telanjang. Ditambah lagi, drama tersebut juga menampilkan adegan ciuman Kim Yoo Jung yang masih SMA dengan Ji Chang Wook yang sudah dewasa.

4. The King: Eternal Monarch (2020)

The King: Eternal Monarch (Instagram/@sbsdrama.official)
Drama Korea yang Tuai Kontroversi (Instagram/@sbsdrama.official)

Drama The King: Eternal Monarch yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Go Eun tersebut juga sempat dikecam keras oleh banyak orang, termasuk Standar Komunikasi Korea (KCS), karena banyak alasan.

Berkisah tentang Kerjaan Corea yang merupakan dunia paralel dari Korea Selatan saat ini, drama The King: Eternal Monarch dianggap kelewat batas dalam mencampuradukkan latar sejarah, sekalipun drama tersebut hanyalah kisah fantasi. Ditambah lagi, nggak sedikit K-net yang Kim Go Eun tak cocok berperan sebagai tokoh utama wanita karena aktingnya yang sangat kaku dan kurang berkarakter.

Yang lebih menghebohkan lagi, skandal tentang perselingkuhan salah satu pemain, yaitu Jung Eun Cha, yang terjadi 10 tahun lalu pun tiba-tiba terkuak di tengah penayangan drama tersebut.

5. The World of the Married (2020)

The World of the Married (Soompi)
Drama Korea yang Tuai Kontroversi (Soompi)

The World of the Married sukses meraih rating rata-rata 28,37%, yang merupakan rating tertinggi drama Korea sepanjang sejarah. Drama tersebut berisah tentang perselingkuhan Lee Tae Oh dengan Yeo Da Kyung di belakang istrinya, Ji Sun Woo.

Sayangnya, drama tersebut sempat tersandung kontroversi karena skandal salah satu pemerannya, yaitu aktor muda Jung Joon Won. Pasalnya, Jung Joon Won yang masih berusia 17 tahun tersebut mengunggah potret dirinya yang sedang minum soju dan merokok.

Padahal, batasan umur untuk merokok dan minum alkohol di Korea adalah usia 19 tahun. Karena itulah, Jung Joon Won yang berperan sebagai Cha Hae Kang, teman sekelas Lee Joon Young, tak lagi dilibatkan di dua episode terakhir.

Itulah lima drama Korea yang tuai kontroversi selama dua tahun terakhir ini. Sudah pernah nonton drama-drama di atas?

Kontributor : Wahyu Panca Handayani

Komentar