facebook

Kronologi Kasus Gofar Hilman, Dari Dituduh Lakukan Pelecehan, Sampai Korban Mengaku Keliru

Dany Garjito
Kronologi Kasus Gofar Hilman, Dari Dituduh Lakukan Pelecehan, Sampai Korban Mengaku Keliru
Gofar Hilman [Instagram/@pergijauh]

Berikut kronologi kasus Gofar Hilman yang sempat dituduh melakukan pelecehan seksual.

Suara.com - Gofar Hilman kembali ramai diperbincangkan usai mengeluh jika Arian 13 selaku teman dekat tampak cuek bahkan tidak pernah menghubunginya saat ia terlibat kasus dugaan pelecehan seksual.

Kabar dirinya melakukan pelecehan tersebut bermula dari pengakuan Syerin, yang menulisnya secara langsung pada akun Twitter @quween****.

Namun, ia justru tiba-tiba mengakui bahwa tuduhan tersebut palsu. Nah, berikut kronologi perjalanan kabar pelecehan seksual Gofar Hilman hingga permintaan maaf Syerin.

1. Pengakuan Syerin melalui Akun Twitternya

Baca Juga: Gofar Hilman Disindir gegara Kesal Tak Dihubungi Arian Seringai: Kaos Doang Punk, Gak di-WA Baper

Pada 8 Juni 2021 lalu, Syerin melalui akun Twitter @quween****, mengaku bahwa Gofar Hilman telah melecehkannya secara seksual di sebuah klub malam. Ini disebutkan terjadi pada Agustus 2018.

"Di Agustus 2018 gue dateng ke acara yang salah satu bintang tamunya Gofar Hilman di Malang,” tulis Syerin.

"Di penghujung acara gue maju ke depan niat untuk keperluan Instastory. My mistake. Lalu Gofar tarik dan rangkul gue, ok gue pikir dia humble," lanjutnya.

Syerin berubah pikiran dan menuduh Gofar telah melakukan pelecehan seksual karena mendadak memeluknya dari belakang. Disebutkan lagi jika Gofar mulai menyentuh bagian sensitif tubuhnya.

Cuitan yang ditulis Syerin ini langsung ramai dibanjiri banyak komentar dari para warganet, dimana hampir semuanya menghujat Gofar Hilman.

Baca Juga: Gofar Hilman Kapok Cerita Pelecehan Seksual ke Teman-teman Feminis, Ada Apa?

2. Gofar Hilman Membantah Tuduhan

Sehari setelah utas tersebut menghebohkan dunia maya, Gofar Hilman tidak tinggal diam. Ia menanggapinya dengan menyangkal tuduhan pelecehan seksual tersebut.

"Untuk masalah tuduhan pelecehan, di sini gue yakin tidak melakukan hal itu, ada dua orang yang dampingin gue saat itu, 1 orang cewek panitia dan 1 orang cowok asisten gue, mereka yang jagain gue sampe masuk mobil di akhir acara," cuit Gofar pada 9 Juni 2021 melalui akun @pergijauh.

Gofar bahkan berencana akan melimpahkan masalah tersebut ke ranah hukum dengan tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik untuk pengakuan Syerin.

"Biar sama-sama enak, gue siap menyelesaikan masalah ini sebaiknya sih secara hukum, tapi kalau ada usulan lain gue siap mendiskusikan masukannya. karena melibatkan fitnah pake nama gue di sini," katanya lagi.

3. Gofar Dikeluarkan dari Lawless

Pernyataan PT. Lawless soal kasus Gofar Hilman (instagram)
Pernyataan PT. Lawless soal kasus Gofar Hilman (instagram)

Gofar Hilman disebut menjadi salah satu pendiri Lawless, perusahaan di bidang motor, tato, rokok, serta kuliner. Di hari yang sama saat ia membuat klarifikasi, manajemen perusahaan mengambil langkah tegas untuk memecatnya.

"Mulai hari ini kami menyatakan bahwa Gofar Hilman sudah bukan bagian dari Lawless Jakarta," tulis Lawless dari akun Instagram @lawless_jkt.

4. LBH APIK Memberikan Kesempatan Korban Lain untuk Buka Suara

Tak lama usai dugaan pelecehan seksual Gofar Hilman terbongkar, Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Jakarta membuka aduan untuk para korban lainnya melapor.

LBH APIK Jakarta menyatakan bahwa hingga 17 Juni 2021, mereka sudah menerima 8 laporan kasus terkait dengan pelecehan seksual yang dilakukan Gofar Hilman, termasuk aduan dari korban. 

LBH APIK Jakarta juga meyakini jika masih ada korban-korban pelecehan seksual Gofar Hilman lainnya yang ingin bersuara. Maka, mereka terus membuka posko aduan untuk menerima laporan dari para korban.

5. Kasus Mendadak Redup

Setelah posko pengaduan tersebut dibuat, kasus Syerin dan Gofar Hilman perlahan hilang seiring berjalannya waktu. Gofar memutuskan vakum dari media sosial dan tak lagi pernah terlihat merilis program yang tayang di kanal YouTube-nya, Gofar Hilman.

Pengakuan Syerin melalui akun Twitternya yang viral itu membuat Gofar Hilman sempat menghilang dari media sosial dan diduga mencari bukti atas tuduhan yang diajukan Syerin.

6. Syerin Tiba-Tiba Memposting Video Klarifikasi dan Meminta Maaf

Sempat ikut menghilang, pada 11 Februari 2022 lalu, Syerin tiba-tiba muncul dan membuat sebuah pengakuan mengejutkan.

Ia meminta maaf dan mengaku tak pernah dilecehkan secara seksual oleh Gofar Hilman. Ia berkata bahwa cuitan yang viral pada Juni 2021 itu hanyalah sebatas tuduhan palsu.

"Saya ingin mengklarifikasi bahwa hal tersebut (dugaan pelecehan seksual Gofar Hilman) tidak benar adanya. Video klarifikasi ini dibuat tanpa ada paksaan dari pihak manapun," kata Syerin dalam sebuah video yang diunggah akun Twitter @quweenjojo.

Bersamaan dengan itu, Syerin juga mengaku jika dirinya terinspirasi dari cerita-cerita pelecehan seksual yang marak bersebaran di media sosial.

7. Respon Warganet dan LBH APIK

Ribuan warganet merespon video pengakuan dadakan yang diunggah Syerin beberapa waktu lalu. Beragam komentar membanjiri, diantaranya ada yang kesal karena merasa ditipu dan yang lainnya menganggap Syerin dipaksa oleh Gofar untuk membuat video klarifikasi tersebut agar nama Gofar bisa kembali bersih.

Di sisi lain, LBH APIK mengatakan bahwa ada salah satu pelapor yang mencabut laporan atas tuduhan kasus pelecehan seksual Gofar Hilman. Mereka menghargai keputusan tersebut dan menegaskan jika saat ini masih berjalan untuk mendampingi para korban lainnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Komentar