facebook

Usai #MeToo, Persidangan Johnny Depp vs Amber Heard Picu Trending #MenToo

Ruth Meliana Dwi Indriani
Usai #MeToo, Persidangan Johnny Depp vs Amber Heard Picu Trending #MenToo
Usai #MeToo, Persidangan Johnny Depp dan Amber Heard Picu Trending #MenToo! (marca.com)

Kasus persidangan yang melibatkan aktor Johnny Depp dan aktris Amber Heard terus bergulir dan semakin memanas.

Suara.com - Gerakan #MeToo menjadi salah satu dukungan bagi aktris Amber Heard yang sedang menjalani persidangan bersama sang mantan suami, Johnny Depp. Bukan tanpa alasan, gerakan #MeToo ini memang berfokus melawan kasus kekerasan seksual di industri hiburan.

Hal ini membuat para anggota gerakan ini juga balik mendukung kasus Heard yang diduga sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) selama pernikahannya bersama Depp. 

Kasus KDRT yang diklaim Heard diungkapkannya pada tahun 2018 melalui sebuah wawancara. Tuduhan KDRT itu membuat Johnny Depp balas melayangkan kasus pencemaran nama baik ke mantan istrinya di tahun ini.

Persidangan yang ditayangkan secara live ini langsung membuat warga dunia memilih sisi mereka. Warganet turut melihat peliknya kesaksian Heard di persidangan, hingga banyak warganet yang ikut menyerang dan menganggap Heard adalah seseorang manipulatif.

Baca Juga: Bukan Gegara Johnny Depp, Amber Heard Bakal Didepak dari Aquaman Karena Tak Ada Chemistry dengan Jason Momoa?

Terlebih, dalam persidangan terungkap jika Johnny Depp menjadi korban kekerasan yang dilakukan Heard. Ia sempat dilempar botol vodka oleh mantan istrinya, sehingga menyebabkan ujung jarinya putus.

Persidangan yang sudah berjalan selama lebih dari 1 bulan ini membuat banyak orang yang mulai berspekulasi atas kasus Heard dan Depp. Dukungan demi dukungan pun disampaikan oleh warganet di media sosial terhadap Depp, yang dianggap tidak bersalah dalam kasus ini.

Di tengah kisruhnya dukungan terhadap Depp, tiba-tiba muncul tagar #IStandWithAmberHeard yang diduga berasal dari para anggota gerakan #MeToo dari seluruh dunia. Mereka mendukung aksi Heard dalam menegakkan keadilan sebagai seorang perempuan. 

Perang tagar pun tak terelakkan di media sosial. Tidak sedikit warganet  yang mendukung Heard dan menyuarakan tagar #MeToo sebagai gerakan melawan kekerasan yang diduga dilakukan oleh Depp.

Tagar itu pun dibalas oleh penggemar Johnny Depp yang menilai sang aktor juga korban. Banyak warganet mengungkap bahwa laki-laki juga bisa menjadi korban kekerasan seksual.

Baca Juga: Khawatir Soal Chemistry, DC Films Ingin Ganti Amber Heard di Aquaman 2

Hal ini didukung dengan fakta pernyataan Heard di persidangan, yang mengungkap bahwa dirinya juga sempat memukul Depp saat sedang berdebat.

Para warganet pun berbondong-bondong meramaikan tagar #MenToo sebagai dukungan terhadap Depp yang seolah "dipaksa" bersalah dengan pengakuan Heard. Tagar #MenToo pun menjadi salah satu trending topic di Twitter.

Kasus keduanya sendiri mulai terungkap saat Depp menggugat Heard atas pencemaran nama baik. Gugatan ini diajukan setelah Heard menggambarkan Depp dalam sebuah artikel dengan sebutan "figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga".

Depp mengaku bahwa dirinya tidak bersalah atas perceraiannya dengan Heard. Ia juga membantah tuduhan KDRT yang dituduhkan kepadanya.

Namun, Heard tetap pada pendiriannya dan melaporkan balik bintang Pirates of The Carribean tersebut ke persidangan. Diketahui, Depp sempat kalah dalam kasus tersebut.

Kelalahan itu setelah hakim menemukan 12 dari 14 dugaan insiden kekerasan yang dilakukannya terhadap Heard, dan dinyatakan sebagai sebuah fakta. Kini, Depp kembali melayangkan gugatan ke Heard demi mengungkap kebenaran.

Kontributor : Dea Nabila

Komentar