facebook

Puluhan Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Besar yang Melanda Australia

Oke Atmaja
Warga melihat ke taman yang banjir akibat hujan deras di pinggiran Camden, Sydney, Australia, Minggu (3/7/2022). [Muhammad FAROOQ / AFP]
Warga melihat ke taman yang banjir akibat hujan deras di pinggiran Camden, Sydney, Australia, Minggu (3/7/2022). [Muhammad FAROOQ / AFP]

Sebanyak 32 ribu warga Australia diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka akibat banjir besar yang melanda wilayah itu.

Suara.com - Warga melihat ke taman yang banjir akibat hujan deras di pinggiran Camden, Sydney, Australia, Minggu (3/7/2022). Sebanyak 32 ribu warga Australia diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka akibat banjir besar yang melanda wilayah itu.

Banjir besar ini disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur Australia selama beberapa hari ini hingga menyebabkan banjir besar di beberapa wilayah karena sungai - sungai yang meluap.

Pada Senin (4/7/2022) pagi, sungai yang meluap bahkan menyebabkan sebuah dataran di Camden, Sydney, menjadi danau. Jalanan di kota itu terendam air, sementara rumah-rumah di sana digenangi air setinggi lutut.

Tak hanya itu, air juga meluap dari Bendungan Warragamba sejak Minggu (3/7/2022) karena debit air yang berlebihan. Bendungan tersebut merupakan sumber air minum untuk kebanyakan masyarakat di kota itu.

Sebagaimana diberitakan AFP, hujan lebat tersebut merupakan salah satu dampak dari perubahan iklim yang kini melanda dunia, termasuk Australia. [Muhammad FAROOQ / AFP]
[Suara.com/Alfian Winanto]

Komentar