Studi: Sebutir Aspirin Sehari Kurangi Risiko Kematian Akibat Kanker

Esti Utami

Rabu, 06 Agustus 2014 | 08:34 WIB
Studi: Sebutir Aspirin Sehari Kurangi Risiko Kematian Akibat Kanker
Ilustrasi obat. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Sebutir aspirin sehari dapat secara dramatis mengurangi risiko kematian akibat kanker, demikian hasil review paling detail dari kemampuan obat murah ini dalam menangkal penyakit.

Lebih dari 130.000 kematian akan dihindari selama periode 20-tahun jika mereka yang berusia 50-64 tahun mengonsumsi sebutir aspirin setiap hari selama 10 tahun. Dan manfaat aspirin ini akan terus berlangsung meski konsumsi aspirin dihentikan.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Jack Cuzick, kepala pusat pencegahan kanker di Queen Mary University  London, menyarankan mereka yang berusia antara 50- 65 tahun untuk secara teratur mengonsumsi asprin dalam dosis rendah (75mg).

Mengambil dosis rendah aspirin setiap hari selama 10 tahun, bisa menurunkan risiko kanker usus hingga 35 persen, menurunkan  kematian (40 persen). Aspirin dapat mengurangi risiko kanker esofagus dan lambung sebesar 30 persen. Dan menurunkan risiko kematian akibat kedua kanker itu masing-masing sebesar 35-50 persen.

Cuzick mengatakan mengonsumsi aspirin  menjadi hal penting yang dapat dilakukan untuk mengurangi kanker setelah berhenti merokok dan mengurangi obesitas. Caranya juga mudah dan relatif murah.

Kepada wartawan, Cuzick menambahkan bahwa selama empat tahun terakhir ia telah mengonsumsi sebutir aspirin setiap hari.  "Saya menjadikan aspirin sebagai bagian dari ritual tidur setiap hari dan itu cukup mudah," katanya. Namun menurutnya, untuk mendapatkan manfaat baru ditemukan aspirin orang harus mengambil aspirin setidaknya selama lima tahun dan mungkin 10 tahun.

Aspirin pada awalnya dikembangkan sebagai obat penghilang rasa sakit untuk demam dan peradangan, tetapi lebih dari satu abad setelah pertama kali disintesis dari kulit pohon willow, para ilmuwan menemukan manfaat medis lainnya.

Aspirin terbukti mengurangi risiko serangan jantung dan stroke serta kemungkinan beberapa jenis kanker. Tetapi pertanyaan muncul, apakah manfaatnya lebih besar daripada efek sampingnya. Karena aspirin dapat menyebabkan perut berdarah, yang bisa berakibat  fatal pada beberapa orang.

Namun dalam laporan di jurnal Annals kanker Oncology, tim Cuzick menyimpulkan manfaat aspirin lebih besar ketimbang risikonya. Ia mengakui mengonsumsi aspirin setiap hari selama 10 tahun meningkatkan risiko perut berdarah pada mereka yang berusia di atas 60 tahun, dan 5 persen dari mereka yang memiliki perut berdarah, bisa berakibat fatal.

Cuzick menambahkan efek samping ini lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki bakteri Helicobacter pylori di perutnya yang bisa menyebabkan tukak lambung. Jadi dia menyarankan mereka yang mempertimbangkan memulai 'rezim' aspirin setiap hari, untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter pribadinya. (The Guardian)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Segera Dibuka, Bar Anggur Untuk Penderita Penyakit Kronis

Segera Dibuka, Bar Anggur Untuk Penderita Penyakit Kronis

Lifestyle | Senin, 04 Agustus 2014 | 11:50 WIB

Wow, Risiko Bunuh Diri Bisa Diprediksi Dengan Tes Darah Sederhana

Wow, Risiko Bunuh Diri Bisa Diprediksi Dengan Tes Darah Sederhana

Health | Kamis, 31 Juli 2014 | 15:05 WIB

Menyembuhkan Flu Tanpa Obat

Menyembuhkan Flu Tanpa Obat

Health | Kamis, 31 Juli 2014 | 12:59 WIB

Kiat Hidup Sehat Saat Lebaran

Kiat Hidup Sehat Saat Lebaran

Health | Senin, 28 Juli 2014 | 16:33 WIB

Penyakit Ini Membuat Penderitanya Takut Tidur

Penyakit Ini Membuat Penderitanya Takut Tidur

Health | Minggu, 27 Juli 2014 | 08:46 WIB

Berkat Minyak Ganja, Lelaki Ini Terbebas Dari Kanker Hati

Berkat Minyak Ganja, Lelaki Ini Terbebas Dari Kanker Hati

Health | Rabu, 23 Juli 2014 | 14:45 WIB

Terkini

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:25 WIB

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:17 WIB

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:52 WIB

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:43 WIB

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Banten | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:35 WIB

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:29 WIB

×