Terlalu Banyak Susu Bikin Anak Obesitas

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Jum'at, 09 Januari 2015 | 16:40 WIB
Terlalu Banyak Susu Bikin Anak Obesitas
Ilustrasi susu. (Shutterstock)

Suara.com - Meski sedang dalam masa pertumbuhan, anak-anak usia pra sekolah yakni saat mengenyam pendidikan Playgroup atau TK tidak dianjurkan mengonsumsi susu terlalu banyak.

Pasalnya, menurut sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat, anak usia 3 hingga 4 tahun yang minum lebih dari 2 gelas susu per hari bisa memicu kenaikan berat badan yang drastis alias obesitas.

Wajarnya, menurut peneliti, dua gelas susu per hari merupakan batas maksimal yang sebaiknya dikonsumsi untuk anak usia empat tahun.

"Melihat hasil data tingginya obesitas pada anak, kami merekomendasikan anak-anak usia empat tahun untuk minum dua porsi susu per hari untuk mencegah kenaikan berat badan yang tentunya tidak sehat," ujar Dr Mark DeBoer, pemimpin penelitian sekaligus dokter anak di University of Virginia di Charlottesville.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis pola konsumsi susu pada 8950 anak selama empat tahun pertama melalui wawancara yang dilakukan kepada orangtuanya. Kemudian jumlah responden diperluas pada 7000 anak usia 5 tahun.

Hasil penelitian ditemukan bahwa 53 persen responden minum susu lebih dari dua gelas sehari. Sedangkan 16 persen diantaranya yang berusia empat tahun memiliki berat badan berlebih.

Penelitian DeBoer ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan dr Jonathon Maguire dari St. Michael's Hospital Toronto. Penelitian yang dilakukan olehnya menyatakan bahwa dua gelas susu per hari sudah cukup memenuhi kebutuhan Vitamin D dan zat besi untuk anak-anak.

"Susu memang merupakan sumber kalori dan lemak yang baik bagi anak-anak, tapi tidak baik jika mengonsumsinya secara berlebihan" jelas Maguire.

Temuan ini, kata dia, menekankan bahwa dua gelas susu per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anak di masa pertumbuhan serta menghindari masalah kesehatan dari berat badan berlebih. (Foxnews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Awas, Berlebihan Mengonsumsi Susu Bisa Memicu Jerawat

Awas, Berlebihan Mengonsumsi Susu Bisa Memicu Jerawat

Lifestyle | Kamis, 01 Januari 2015 | 17:51 WIB

Obesitas Pada Anak Picu Diabetes

Obesitas Pada Anak Picu Diabetes

Health | Senin, 22 Desember 2014 | 13:11 WIB

Ini Dia Manfaat Susu bagi Lutut Anda

Ini Dia Manfaat Susu bagi Lutut Anda

Health | Sabtu, 20 Desember 2014 | 13:06 WIB

Makan Gula Berlebihan Sebelum Bercinta  Melahirkan Anak Obesitas

Makan Gula Berlebihan Sebelum Bercinta Melahirkan Anak Obesitas

Health | Selasa, 09 Desember 2014 | 17:00 WIB

Terkini

Membongkar Dosa Besar Para Anak Rantau Lewat Lagu Sesi Potret

Membongkar Dosa Besar Para Anak Rantau Lewat Lagu Sesi Potret

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:30 WIB

1.400 Pekerja Sumsel Kena PHK, Mayoritas Tanpa Perselisihan, Ada Apa?

1.400 Pekerja Sumsel Kena PHK, Mayoritas Tanpa Perselisihan, Ada Apa?

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:28 WIB

Bareng Baba Lili Tata, Kenalkan Gaya Hidup Aktif pada Anak Sambil Eksplorasi Jakarta

Bareng Baba Lili Tata, Kenalkan Gaya Hidup Aktif pada Anak Sambil Eksplorasi Jakarta

Lifestyle | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:25 WIB

Period Poverty dalam Ketimpangan Kelas: Menggugat Hak Dasar Tubuh Perempuan

Period Poverty dalam Ketimpangan Kelas: Menggugat Hak Dasar Tubuh Perempuan

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:25 WIB

Derita Pekerja asal Jambi, Cacat Permanen Akibat Kecelakaan Kerja di Kampar

Derita Pekerja asal Jambi, Cacat Permanen Akibat Kecelakaan Kerja di Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:24 WIB

Gus Alex Didakwa Terima USD 5,2 Juta di Korupsi Kuota Haji

Gus Alex Didakwa Terima USD 5,2 Juta di Korupsi Kuota Haji

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:20 WIB

17 Caption 17 Agustus Singkat Aesthetic untuk Instagram

17 Caption 17 Agustus Singkat Aesthetic untuk Instagram

Lifestyle | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:20 WIB

Pemulihan Ekosistem Palsu Mengintai di Balik Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Pemulihan Ekosistem Palsu Mengintai di Balik Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:16 WIB

Viral Karena TikTok, Menkes Ungkap Manfaat Luar Biasa Umbi Kimpul untuk Kesehatan

Viral Karena TikTok, Menkes Ungkap Manfaat Luar Biasa Umbi Kimpul untuk Kesehatan

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:15 WIB

Pemerintah Tantang Pembiayaan UMKM Tembus Rp2.000 Triliun

Pemerintah Tantang Pembiayaan UMKM Tembus Rp2.000 Triliun

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:10 WIB

×