Ini Risikonya Bila Sering Makan Cabai

Ririn Indriani
Ini Risikonya Bila Sering Makan Cabai

Ada sejumlah keluhan yang dapat timbul.

Suara.com - Cabai bila dikonsumsi secara wajar selain memiliki manfaat kesehatan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, bila dikonsumsi berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Apakah itu?

Dr Grace Judio-Kahl ahli fisiologi lulusan Universitas Tubingen Jerman mengatakan bahwa konsumsi cabai berlebihan bisa menyebabkan mati rasa di lidah dan mulut.
 
"Senyawa capsaisin yang terdapat dalam cabe bikin kita kepedasan itu bisa membuat perasa di lidah mati," jelasnya dalam diskusi Bersama Sunpride Mendorong Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah di Jakarta, belum lama ini.

Grace mengatakan lidah yang terbiasa dengan citarasa pedas yang luar biasa dari cabai dan produk turunannya menjadi tidak peka terhadap rasa lain.

"Kebanyakan makan cabai juga membuat lidah sulit mengecap makanan dengan rasa yang halus," imbuhnya.

Lebih dari itu, konsumsi cabai berlebihan, tambah Grace, juga menyebabkan rasa panas pada mulut hingga ke saluran pencernaan dan pembuangan pada tubuh.

Selain menyebabkan mati rasa lidah, kata dia, capsaisin juga memicu diare kendati konsumsi cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak dua sampai tiga persen. Jadi, apapun itu bila sudah berlebihan pasti akan memberi dampak yang tak baik 'kan?

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS