facebook

Ini Pentingnya Whey Protein bagi Tumbuh Kembang Bayi

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Ini Pentingnya Whey Protein bagi Tumbuh Kembang Bayi
Ilustrasi bayi minum susu formula. (Shutterstock)

Whey merupakan jenis protein berkualitas dan mudah dicerna yang terdapat dalam susu.

Suara.com - Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang. Pakar gastroenterologi dan nutrisi, Prof. Yvan Vandeplas dari Universitas Ziekenhuis Brussel mengatakan, anak yang kekurangan protein pada 1000 hari pertama kehidupan rentan mengalami masalah kesehatan di kemudian hari.

"Tumbuh kembang anak akan terganggu, rentan mengalami berbagai penyakit yang pada gilirannya menempatkan anak pada risiko kematian dini saat dewasa," ujarnya pada temu media yang dihelat Nestlé NANkid pHPro 3 di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut Prof. Yvan menjelaskan, salah satu protein yang berkualitas tinggi adalah jenis whey yang dapat diperoleh dari konsumsi susu. Protein whey memiliki asam amino esensial lengkap yang dibutuhkan tubuh.

"Susu mengandung dua jenis protein yakni whey dan casein. Whey merupakan jenis protein yang berkualitas dan mudah dicerna," tambahnya.

Selain untuk tumbuh kembang,  Prof. Yvan mengatakan bahwa protein juga berguna untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang serta menekan risiko munculnya penyakit degeneratif seperti obesitas atau diabetes di masa yang akan datang.

"Risiko penyakit di masa mendatang bisa dicegah jika orangtua memberikan nutrisi terbaik kepada anak saat 1000 hari pertama kehidupan, salah satunya melalui konsumsi susu, baik air susu ibu (ASI) maupun susu pertumbuhan lainnya," lanjut dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, dr. Badriul Hegar, SpA dari RSCM mengatakan bahwa ASI (air susu ibu) memiliki kandungan protein whey dan casein, masing-masing sebanyak 60 dan 40 persen.

"Itu sebabnya pemberian ASI pada anak selama 6 bulan pertama, sangat penting," sambungnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS