Sedang Radang Tenggorokan, Bolehkah Perawatan Gigi?

Ririn Indriani
Sedang Radang Tenggorokan, Bolehkah Perawatan Gigi?

Perawatan gigi ketika tubuh dalam kondisi sakit bisa menimbulkan masalah baru.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Badan saya sedang demam akibat radang tenggorokan . Apakah ada efeknya terhadap demam saya apabila saya melakukan perawatan akar gigi? Mohon penjelasan an sarannya, Dok.

KL
 
Jawab:

Selamat siang Saudari KL,
Apabila mengalami gejala demam, nyeri menelan atau nyeri bagian tenggorokan, kemungkinan memang sedang mengalami radang tenggorokan yang disertai dengan infeksi (faringitis). Sebaiknya radang tenggorokan Anda diperiksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Kondisi demam bukanlah kontraindikasi absolut untuk perawatan gigi . Akan tetapi, apabila sedang dalam kondisi infeksi dan peradangan pada tenggorokan, namun belum mendapatkan pengobatan, maka kemungkinan kuman dapat menyebar ke area lain, termasuk ke area akar gigi, terlebih lagi bila saat perawatan menyebabkan trauma pada area sekitar gigi dapat memudahkan penyebaran kuman.

Sebaliknya, jika pada gigi terdapat lubang, karang gigi, maka memungkinkan kuman yang ada di sana juga menyebar ke tenggorokan dan memperparah kondisi radang Anda. Sehingga sebaiknya, radang tenggorokan harus diobati terlebih dahulu.

Jika sudah mendapat pengobatan, maka dapat dilakukan perawatan akar gigi.

Dijawab oleh: dr. Ni Putu Tesi Maratni
Sumber: https://meetdoctor.com/

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS