Alexa

Lagi-lagi Masalah Jerawat

Ririn Indriani
Lagi-lagi Masalah Jerawat
Ilustrasi sedang memencet jerawat. (Shutterstock)

Jerawat merupakan masalah kesehatan kulit yang tak ada habisnya dibahas.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Dok, saya punya jerawat yang hilangnya butuh waktu lama dan berbekas. Setelah hilang tumbuh lagi di tempat lain. Seperti jerawat batu namun tidak terlalu besar. Nah, bagaimana cara mengobatinya? Dan apa pencuci wajah yang tepat untuk masalah jerawat saya? Mohon sarannya. Terima kasih.

OP


Jawab:

Selamat siang Saudari OP,
Jerawat atau dalam istilah medis disebut acne vulgaris adalah gangguan pada kelenjar minyak di kulit. Faktor penyebab nya adalah produksi kelenjar minyak yang berlebihan, peningkatan hormon androgen, usia, ras, makanan, faktor stres psikis dan pemakaian bahan kosmetika yang tidak cocok.

Sebagian besar acne ringan sampai sedang membutuhkan terapi topikal. Acne sedang sampai berat menggunakan kombinasi terapi topikal dan oral.

Terapi acne dimulai dari pembersihan wajah menggunakan sabun. Gunakan sabun yang mengandung bahan-bahan seperti antibakteri, misalnya triclosan yang menghambat bakteri kokus.

Selain itu juga banyak sabun mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat yang membantu pengelupasan sel kulit mati.

Pengobatan jerawat memerlukan waktu yang lama dan perlu kedisiplinan mengendalikan pencetus timbulnya jerawat. Konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.


Dijawab oleh: dr. Wahyuni Armezya
Sumber: https://meetdoctor.com
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS