Minum Kopi di Pagi Hari Ternyata Kurang Tepat Lho!

Ririn Indriani
Minum Kopi di Pagi Hari Ternyata Kurang Tepat Lho!
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock).

Anda terutama yang biasa minum kopi di pagi hari, harus baca ini!

Suara.com - Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa mulai beraktivitas jika belum minum kopi? Jika ya, mungkin Anda sudah mengalami kecanduan kopi.

Kopi disebut-sebut dapat membantu seseorang untuk benar-benar ‘bangun’ di pagi hari, karena kafein yang terkandung di dalamnya. Kafein bersifat stimulan yang bekerja mempengaruhi kerja otak dan sistem saraf.

Dalam jumlah kecil, kafein memang dapat menyebabkan seseorang merasa lebih segar, awas, dan fokus. Namun dalam jumlah besar, kafein justru bisa menimbulkan perasaan gugup berlebihan hingga gangguan tidur.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan menyerput kopi di pagi hari? Benarkah pagi hari adalah waktu yang tepat untuk minum kopi?

Faktanya, seperti dikutip Hello Sehat, pagi hari ternyata waktu yang sebenarnya kurang tepat untuk mengonsumsi kopi. Mengapa? Ini berhubungan dengan produksi hormon kortisol yang cenderung tinggi saat pagi hari.

Hormon kortisol berperan dalam respon terhadap stres dan kadar gula darah yang rendah. Jika Anda mengonsumsi kafein saat hormon kortisol sedang tinggi, maka kafein dapat mempengaruhi produksi hormon tersebut. Sehingga, tubuh Anda akan memproduksi kortisol lebih sedikit dan menyebabkan tubuh menjadi cenderung mengandalkan kafein.

Ini juga menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami kecanduan kafein, karena kafein seolah-olah menggantikan kerja hormon kortisol yang lebih natural saat ‘membangunkan’ Anda di pagi hari.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS