Flek Coklat 7 Hari Pascahaid, Normalkah?

Ririn Indriani
Flek Coklat 7 Hari Pascahaid, Normalkah?
Ilustrasi. (Shutterstock)

Flek coklat bisa merupakan sisa darah haid atau spotting.

Suara.com - Tanya:

Selamat sore Dokter,
Saya baru selesai mens satu minggu lalu, tetapi setelah seminggu keluar flek coklat, apa itu pertanda mens lagi? Apa ada kemungkinan hamil dengan waktu yang cepat setelah mens satu minggu? Apakah tespack selalu akurat? Mohon pencerahannya, Dok. Terima kasih.

SS

Jawab:

Selamat sore Saudari SS,
Flek coklat lazim terjadi saat akhir periode menstruasi atau beberapa hari setelah menstruasi. Jika flek kecoklatan juga terjadi beberapa hari setelah menstruasi, itu termasuk pula hal yang wajar.

Hal ini terjadi karena kemungkinan masih ada sisa darah menstruasi yang belum dikeluarkan, sehingga keluar sebagai flek kecoklatan. Ada juga kemungkinan mengalami perdarahan di antara periode menstruasi atau spotting.

Spotting normal sering terjadi pada perempuan dipengaruhi oleh perubahan kadar hormonal pada saat stres, aktivitas fisik berat, dan gejala pre menopause. Bisa juga akibat adanya efek samping dari metode kontrasepsi yang digunakan, baik pil, suntik, implan ataupun IUD.

Selain itu efek samping beberapa obat-obatan seperti antikoagulan juga dapat menyebabkan spotting. Memang agak susah membedakan antara spotting dan darah implantasi.
Apakah setelah menstruasi anda sempat berhubungan seksual? Jika iya, bisa saja flek darah akibat lecet setelah hubungan seksual. Biasanya bila perdarahan implantasi maka tidak langsung terjadi cepat, biasanya flek implantasi akan terjadi 10-14 hari setelah pembuahan dan hanya berupa flek atau sedikit darah saja selama 1-2 hari saja.

Jika siklus menstruasi selanjutnya Anda mengalami terlambat menstruasi, bisa melakukan test pack untuk memastikan. Test pack cukup akurat yakni memiliki tingkat akurasi di atas 90 persen untuk mendeteksi kehamilan jika digunakan secara benar.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Ni Putu Tesi Maratni
Sumber: https://meetdoctor.com

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS