Enema Kopi Jadi Tren Buang Racun dalam Tubuh, Amankah?

Dythia Novianty | Firsta Nodia
Enema Kopi Jadi Tren Buang Racun dalam Tubuh, Amankah?
Gwyneth Paltrow. [shutterstock]

Gwyneth Paltrow kembali menggemparkan publik dengan tren enema kopi.

Suara.com - Artis Hollywood Gwyneth Paltrow selalu muncul dengan gaya hidup yang menimbulkan kontroversi di kalangan kaum hawa. Ya, sebelumnya Gwyneth mempopulerkan diet raw vegan dan konsumsi lemon hangat di pagi hari, yang diyakini bisa mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh.

Baru-baru ini, Ia kembali menggemparkan publik dengan tren enema kopi yang diklaim dapat membersihkan usus dari zat-zat berbahaya. Menurut situs Implant O Rama, salah satu distributor enema kopi, cara ini dapat menghindarkan seseorang dari depresi, alergi dan berbagai penyakit parah dengan membuang racun dari dalam tubuh.

Enema kopi dilakukan dengan cara memasukkan cairan kopi ke dalam usus besar melalui dubur, untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam darah atau hati.

Cairan kopi yang digunakan dipercaya bisa merangsang sistem enzim dalam hati yang disebut dengan glutathione-S-transferase, yang mampu menghilangkan berbagai radikal bebas dari aliran darah.

Namun, situs tersebut tak membeberkan efek samping dari enema kopi yang meliputi radang rektum dan usus besar karena sifat kopi yang asam. Di sisi lain, studi yang dipublikasikan dalam The American Journal of Gastroenterology menyebut bahwa enema kopi tidak memiliki manfaat yang terbukti secara ilmiah.

Sebaliknya, detoksifikasi dengan enema kopi berisiko cukup besar untuk memunculkan komplikasi yang tidak diinginkan sehingga kesimpulan studi menyarankan agar kopi enema harus dipertimbangkan kembali sebagai pengobatan alternatif. [Foxnews]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS