Lakukan Ini untuk Mengatasi Jerawat

Ririn Indriani
Lakukan Ini untuk Mengatasi Jerawat
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Wajah saya berjerawat. Saya sudah memakai sabun wajah, tapi tidak ada perubahan. Bagaimana cara mengatasinya? Mohon sarannya, Dok. Terima kasih.

LM
 
Jawab:

Selamat siang saudari LM,
Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat.

Keluhan ini seringkali muncul di daerah wajah. Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di daerah leher, dada, punggung dan bahu.

Daerah tersebut berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak, sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat :
a. Produksi minyak yang berlebih
b. Sel kulit mati yang berlebihan akan menimbulkan iritasi pada pori-pori.
c. Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab tonjolan pada pori-pori dan menjadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan dapat terbuka di permukaan kulit dan menghitam dan menjadi komedo yang berwarna hitam.

Pengobatan medis atau perawatan lainnya bisa Anda pilih untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

Di luar itu, membersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut, serta menghindari bersentuhan dengan area jerawat juga dapat membantu pencegahan munculnya jerawat.

Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati.

Gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan bebas dari kandungan minyak. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat, sebagai berikut:

1. Minum air putih yang cukup
Minum air putih sebanyak 8 gelas satu hari akan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga akan mengurangi dampak menyebarnya bekas jerawat membandel.

2. Tidur cukup dan teratur
Jerawat juga dapat disebabkan oleh stres dan kurang jam tidur. Selain dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, kurang tidur juga dapat menambah tumbuhnya jerawat pada wajah. Dengan tidur yang cukup akan membuat metabolisme kulit menjadi teratur sehingga pori pori wajah juga akan terjaga untuk memudarkan jerawat.

3. Konsumsi buah dan sayuran
Kandungan vitamin E pada buah dan sayur sangat banyak kebutuhan vitamin E kulit akan dapat terpenuhi.

4. Tidak menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan
Kontak dengan tangan langsung justru akan menambah tumbuhnya jerawat dan menjadi bekas yang sulit dihilangkan apalagi disentuh dengan tangan yang kotor, serta tidak steril.

5. Membersihkan wajah secara teratur
Membersihkan muka secara teratur setiap hari menggunakan sabun muka dapat mengurangi kuman penyebab bekas jerawat membandel. Gunakan krim atau gel penghilang jerawat untuk membantu kulit tetap kering dari minyak yang berlebih.

Berkonsultasi dengan dokter guna menanyakan bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat baru dapat menjadi solusi terbaik.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Adnan Yusuf
Sumber: https://meetdoctor.com

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS