Minum Kopi Teratur Ternyata Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Vania Rossa, Firsta Nodia

Kamis, 22 Februari 2018 | 18:44 WIB
Minum Kopi Teratur Ternyata Bisa Turunkan Risiko Diabetes
Ilustrasi minum kopi. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Minum kopi, selain jadi cara untuk meningkatkan fokus, jika dikonsumsi secara teratur juga bisa menurunkan risiko diabetes, lho.

Disampaikan dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD FINASIM, mengutip tiga sumber terpercaya, yaitu Diabetes Care (2014), Clinical Nutrition (2016), American Journal of Epidemiology (2014), konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 10 persen per cangkir dan kemungkinan meninggal akibat penyakit jantung sebesar 21 persen.

"Alasannya karena kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga kalori yang terbakar semakin banyak dan terhindar dari risiko diabetes," ujarnya pada peluncuran 'Tropicana Slim White Coffee' di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Sayangnya, masyarakat saat ini lebih senang mengonsumsi kopi dengan tambahan gula yang justru dapat meningkatkan risiko diabetes. Dalam segelas kopi sachet sendiri, kata dia, setidaknya mengandung satu sendok makan gula pasir. Dalam sehari seseorang bisa menyeruput dua hingga tiga gelas kopi sehari. Padahal batas asupan gula yang diperbolehkan adalah dua sendok makan.

"Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, sehingga memang pencegahan sedini mungkin menjadi salah satu opsi terbaik, salah satunya dengan membatasi asupan gula yang yang masuk ke dalam tubuh sehari-hari, termasuk dari minuman kopi yang dikonsumsi," tambah dia.

Sebagai solusi menyediakan minuman kopi yang aman bagi penderita diabetes, Nutrifood meluncurkan produk terbarunya, Tropicana Slim White Coffee. Disampaikan Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim, White Coffee ini bebas gula pasir sehingga cocok untuk masyarakat yang suka minum kopi, sedang diet, serta aman bagi orang dengan diabetes.

"Jadi, kini masyarakat tetap bisa mengkonsumsi kopi enak, tanpa perlu khawatir terkena diabetes," tandasnya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Studi: Orang dengan Paha Kecil Rentan Terkena Diabetes

Studi: Orang dengan Paha Kecil Rentan Terkena Diabetes

Health | Kamis, 22 Februari 2018 | 07:07 WIB

Agar Nasi Putih Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ini Solusinya

Agar Nasi Putih Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ini Solusinya

Health | Kamis, 01 Februari 2018 | 08:00 WIB

Minuman Manis Lagi Tren, Awas Risiko Diabetes!

Minuman Manis Lagi Tren, Awas Risiko Diabetes!

Health | Kamis, 01 Februari 2018 | 06:56 WIB

Terkini

Sari Yuliati: Motor Listrik Nasional Jadi Langkah Strategis Menuju Kemandirian Industri Indonesia

Sari Yuliati: Motor Listrik Nasional Jadi Langkah Strategis Menuju Kemandirian Industri Indonesia

DPR | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:33 WIB

Belum Rampung, Pemeriksaan Eks Dirut BJB Terhenti karena Sakit

Belum Rampung, Pemeriksaan Eks Dirut BJB Terhenti karena Sakit

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:30 WIB

Membaca Daya Beli dari Antrean SPBU: Potret Ekonomi di Balik Pilihan BBM

Membaca Daya Beli dari Antrean SPBU: Potret Ekonomi di Balik Pilihan BBM

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:30 WIB

DD Cream Wardah Dipakai Setelah Apa? Cek Urutan dan Cara Pakainya

DD Cream Wardah Dipakai Setelah Apa? Cek Urutan dan Cara Pakainya

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:30 WIB

Presiden Prabowo Resmikan Motor Listrik Nasional, Janji Beri Cicilan Ringan untuk Pembeli

Presiden Prabowo Resmikan Motor Listrik Nasional, Janji Beri Cicilan Ringan untuk Pembeli

Otomotif | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:28 WIB

Rumah Warna Hijau Apakah Bagus dalam Feng Shui? Ini Tipsnya agar Bawa Hoki dan Rezeki

Rumah Warna Hijau Apakah Bagus dalam Feng Shui? Ini Tipsnya agar Bawa Hoki dan Rezeki

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:28 WIB

Komisi III DPR Restui 14 Calon Hakim Agung dan Ad Hoc MA, Ini Daftar Lengkapnya

Komisi III DPR Restui 14 Calon Hakim Agung dan Ad Hoc MA, Ini Daftar Lengkapnya

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:27 WIB

Gaya Hidup Makin Sibuk, Vitamin dan Mineral Jadi Pilihan Sehari-Hari untuk Jaga Kesehatan

Gaya Hidup Makin Sibuk, Vitamin dan Mineral Jadi Pilihan Sehari-Hari untuk Jaga Kesehatan

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:24 WIB

wondr by BNI Permudah Nasabah Kelola Keuangan Keluarga dengan Perencanaan yang Lebih Terarah

wondr by BNI Permudah Nasabah Kelola Keuangan Keluarga dengan Perencanaan yang Lebih Terarah

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:22 WIB

Impor Banjiri Pasar, Pemerintah Siapkan Penyesuaian Kebijakan untuk Lindungi UMKM

Impor Banjiri Pasar, Pemerintah Siapkan Penyesuaian Kebijakan untuk Lindungi UMKM

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 18:22 WIB

×