alexametrics

Makan Nanas Saat Hamil Bisa Sebabkan Keguguran? Ini Faktanya!

Ririn Indriani
Makan Nanas Saat Hamil Bisa Sebabkan Keguguran? Ini Faktanya!
Ibu hamil makan nanas. (Shutterstock)

Banyak yang beranggapan makan nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran, benarkah?

Suara.com - Salah satu saran yang biasa diberikan pada ibu hamil adalah tidak boleh makan nanas selama kehamilan, karena dinilai bisa menyebabkan keguguran atau persalinan lebih cepat.

Benarkah nanas berbahaya bagi ibu hamil? Jawabannya, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung nanas itu berbahaya selama kehamilan. Desas-desus tentang nanas murni cuma mitos.

Lalu, apakah nanas membantu menginduksi persalinan? Nanas mengandung bromelain.

Tablet Bromelain seperti dikutip Meet Doctor, tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan. Bromelain juga dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal.

Baca Juga: Perempuan Disudutkan oleh Istilah Pelakor

Namun jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda. Sebenarnya, untuk mendapatkan efek yang sama, Anda perlu makan antara tujuh dan 10 nanas segar sekaligus.

Nah, tidak mungkin juga kan ibu hamil makan nanas sebanyak itu? Jadi intinya, asupan normal tidak mungkin memengaruhi kehamilan Anda.

Bisakah nanas menjadi bagian dari diet kehamilan yang sehat? Diet kehamilan yang ideal terdiri dari makanan dari seluruh piramida.

Selain minum banyak air, Anda perlu mendapatkan nutrisi dari aneka makanan sehat.

Kelompok makanan berikut membantu memberi banyak vitamin dan mineral pada bayi Anda yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang:
1. Biji-bijian
2. Buah-buahan dan sayur-sayuran
3. Protein (daging, unggas, ikan, telur, kacang)
4. Susu

Baca Juga: Dipenjara, Berat Badan Roro Fitria Turun Drastis

Berapa banyak yang Anda makan lebih berkaitan dengan usia, tinggi, berat badan, dan faktor makanan lainnya. Ketika sampai pada buah dan sayuran segar, seorang wanita berusia 25 tahun dengan bobot 140 kilogram dan tingginya 5 kaki, tingginya 4 inci harus mengonsumsi sekitar 5 cangkir per hari pada trimester pertama.