Empat Jurus Ampuh Mengatasi Vertigo

Ririn Indriani
Empat Jurus Ampuh Mengatasi Vertigo
Seorang perempuan sedang mengalami vertigo. (Shutterstock)

Vertigo yang bikin penderita merasa seolah sekeliling berputar, tentu bikin pusing, karenanya lakukan tips ini untuk meredakannya.

Suara.com - Vertigo sering digambarkan sebagai sensasi berputar-putar. Seseorang yang menderita vertigo akan merasa dirinya atau dunia sekitarnya berputar ketika sedang pusing atau sakit kepala.

Kalau Anda menderita vertigo, rasa pusing luar biasa yang kalau kata orang dulu disebut “pusing tujuh keliling” ini bisa menyebabkan aktivitas Anda benar-benar terganggu. Bahkan ketika Anda berdiri atau berjalan, Anda akan merasa tidak seimbang.

Penyebabnya sendiri sering kali adalah masalah di dalam telinga. Seperti dikutip dari WebMD, biasanya yang paling sering jadi penyebabnya sebagai berikut:

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)
BPPV terjadi ketika partikel kalsium kecil (kanalit) menggumpal di dalam kanal telinga bagian dalam, yang bertugas mengirim sinyal ke otak tentang pergerakan kepala dan tubuh yang berhubungan dengan gravitasi. Ia membantu Anda menjaga keseimbangan.

2. Penyakit Meniere
Ini merupakan gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan menumpuknya cairan dan perubahan tekanan di dalam telinga. Ia bisa menyebabkan vertigo bersamaan dengan suara “ngiiing” dalam telinga (tinnitus) dan kehilangan pendengaran.

3. Vestibular Neuritis (Labyrinthitis)
Masalah telinga bagian dalam ini biasanya berhubungan dengan infeksi (biasanya karena virus). Infeksi ini menyebabkan peradangan di dalam telinga di sekitar saraf yang penting membantu tubuh merasakan keseimbangan.

Selain ketiga penyebab tersering tersebut, penyebab seseorang menderita vertigo yang jarang terjadi adalah cedera kepala atau leher, masalah otak seperti stroke dan tumor, obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga, dan sakit kepala migrain.

Jika Anda rentan terkena vertigo, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip Mayo Clinic, sebagai berikut:

1. Waspadai kemungkinan kehilangan keseimbangan Anda, yang bisa menyebabkan Anda terjatuh dan mengalami cedera serius.
2. Segera duduk ketika Anda merasa pusing.
3. Pakai lampu yang baik dan terang, langsung nyalakan lampu apabila Anda terbangun di malam hari.
4. Pakai tongkat untuk berjalan bila Anda memiliki risiko tinggi untuk terjatuh.
5. Sebaiknya Anda bekerja sama lebih dekat lagi dengan dokter Anda untuk mengatur gejala Anda secara efektif.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS