Ini Efek Soda Terhadap Ginjal

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ini Efek Soda Terhadap Ginjal
Ilustrasi minuman bersoda, karbonasi. (Shutterstock)

Selain dapat merusak ginjal, soda juga menyebabkan hipertensi dan masalah kardiovaskular.

Suara.com - Kebanyakan dari kita sering tak bisa menolak meneguk sekaleng soda dingin yang menyegarkan, terutama di hari yang terik.

Namun, tahukah Anda jika minuman bergula dengan sensasi rasa 'nyes' ini berbahaya bagi ginjal? Ya, fakta ini mungkin sudah tak lagi menjadi rahasia bagi Anda. Tetapi seberapa besar kerugian yang soda dapat sebabkan untuk ginjal? Berikut jawabannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Osaka, Jepang, meneliti sekitar 8.000 orang dengan fungsi ginjal normal. Selama penelitian, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama meminum satu soda setiap hari, kelompok kedua menikmati dua kaleng soda setiap hari, sementara kelompok ketiga tidak minum minuman bersoda sama sekali.

Setelah tiga tahun, lebih dari 10 persen orang yang minum dua soda setiap hari mengalami proteinuria, kondisi ditemukannya protein tingkat tinggi dalam urine. Proteinuria merupakan salah satu faktor risiko untuk penyakit ginjal stadium lanjut

Hubungan pasti antara soda dan proteinuria masih belum ditemukan. Mungkin, kata penelitian tersebut, stres oksidatif dan peradangan yang disebabkan oleh fruktosa adalah alasan di balik kerusakan ginjal.

Penelitian lain juga menjelaskan, beberapa penelitian pada hewan juga menemukan bahwa fruktosa dapat memengaruhi ginjal dan membuatnya sensitif terhadap protein.

Salah satu penelitian tersebut dilakukan oleh Case Western Reserve University, di mana fruktosa, ketika diberikan kepada tikus selama 13 hari secara teratur, membuat mereka sensitif terhadap protein.

Lantas, bagaimana jika mengonsumsi soda diet? Para peneliti mengungkap, bahwa soda diet juga tidak membuat seseorang aman dari penyakit ginjal. Bahkan, peserta dalam studi di Jepang yang minum soda diet dan soda biasa, diketahui bahwa mereka masih mengalami proteinuria.

Soda tidak hanya dapat merusak ginjal Anda, tetapi juga dapat menyebabkan hipertensi dan masalah kardiovaskular.

Salah satu situs terkemuka mengatakan, tidak ada jumlah soda yang aman untuk dikonsumsi agar tidak merusak ginjal. Hal ini karena bahkan di dalam satu kaleng soda mengandung gula yang jumlahnya melebihi dari jumlah yang disarankan dapat dikonsumsi dalam satu hari penuh!

Sebanyak 350 ml kaleng soda berisi sekitar tujuh sendok teh gula, sementara asupan yang disarankan adalah antara lima hingga sembilan sendok teh, tergantung pada usia dan jenis kelamin Anda.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Nakoda terbaik dalam hidup adalah hanya diri sendiri, yang dapat meraih segala kesuksesan di dunia ini hanya diri kita sendiri, berlayarlah kemana arah angin akan membawa kita, namun jangan lupa bahwa hanya diri kita yang dapat menentukan segalanya.
.
.
-------
Follow @Suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
-------
.
.
#Suaradotcom #Infopenting #Infojakarta #beritahariini #Foto #QuotesOftheday

INFOGRAFIS