Berbahaya! Minum Obat Dibantu Jus Buah

RR Ukirsari Manggalani | Risna Halidi
Berbahaya! Minum Obat Dibantu Jus Buah
Ilustrasi jus buah [Shutterstock].

Paling tidak, ada tiga macam jus buah yang bakal membuat obat tak mampu bekerja maksimal.

Suara.com - Berbagai cara kreatif digunakan orang saat menelan obat, tanpa hirau hal ini bakal berbahaya. Seperti diselipkan di antara buah-buahan lantas dikunyah bersamaan. Dibantu teh manis hangat, atau dengan jus buah.

Disebut terakhir adalah salah satu cara favorit. Menyiapkan jus kesukaan, lantas dijadikan "pendorong" obat. Konon, hal ini membantu menghilangkan rasa pahit, sekaligus menambah kesegaran  tubuh.

Padahal, cara tadi tak sepenuhnya benar. Malahan bakal memberikan dampak buruk terhadap tubuh Anda. 

Jurnal Consumer Reports menyebutkan, bahwa minum jus sambil mengonsumsi obat, atau minum obat dibantu jus akan mempengaruhi cara kerja pengobatan dengan cara ditelan itu.

Berdasarkan penelitian beberapa pakar, lebih dari 40 obat bisa mendatangkan efek buruk jika dikonsumsi bersamaan jus tertentu. Dalam hal ini jus anggur, apel, dan jeruk.

Pengaruh jus anggur bakal terasakan dalam hal pengobatan medis untuk darah tinggi. Sementara jus apel dan jus jeruk tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama obat. Pasalnya, kedua jus itu bakal memblokir kinerja obat dalam tubuh, bahkan mempertinggi dosis obat dengan konsekuensi over-dosis yang berbahaya terhadap kesehatan.

Dalam penelitian terbaru ini, tim peneliti mengamati peserta sehat yang mengonsumsi obat fexofenadine atau obat anti alergi dibarengi air putih, jus anggur, jus apel, dan jus jeruk.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa obat yang dikonsumsi tidak bekerja sepenuhnya. Bahkan saat diminum bersama jus anggur, obat tidak memberikan efek apa-apa terhadap tubuh peserta.

Selain obat alergi, Anda juga dilarang mengonsumsi obat menoterapi, antibiotik, atau beta-blocker bersamaan dengan jus apel, jus jeruk, dan jus anggur.

Sementara itu, jika Anda ingin meminum obat bersamaan dengan jus cranberry, efek yang ditimbulkan adalah peningkatan efek pengenceran darah yang disebut warfarin. Kondisi ini berbahaya karena bisa memicu pendarahan.

Jadi, pilih cara paling aman alias tidak berbahaya untuk minum obat. Yaitu, cukup dibantu air putih saja.

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS