Melongok Fasilitas Ambulans VIP untuk Asian Games 2018

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Melongok Fasilitas Ambulans VIP untuk Asian Games 2018
Ambulans VIP untuk Asian Games 2018 yang disiapkan Kemenkes sebanyak 25 unit. (Suara.com/Firsta Nodia)

Ada sekitar 230 ambulans yang disiapkan kemenkes untuk Asian Games 2018.

Suara.com - Selain menyiagakan tenaga kesehatan dan rumah sakit rujukan, Kementerian Kesehatan juga menyiapkan ambulans di arena pertandingan Asian Games.

Dirjen Pelayanan Kesehatan RI dr. Bambang Wibowo, Sp OG(K), MARS mengatakan ada sekitar 230 ambulans yang disiapkan Kementerian Kesehatan (kemenkes), di mana 25 ambulans di antaranya merupakan unit ambulans VIP.

"Jadi bicara ambulans bukan lagi sekadar sebagai sarana angkut (transfer) pasien ke rumah sakit, tetapi sudah ada pelayanan medis di dalamnya, yakni pelaksanaan manajemen di UGD sudah dapat dilakukan di dalam ambulans," ujar Bambang di sela-sela Apel Siaga Bidang Kesehatan Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Ia menambahkan 25 unit ambulans ini dikatakan VIP, karena memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ambulans biasa. Selain itu, didalamnya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti mini ICU, karena didalamnya ada perlengkapan seperti ventilator, defibrillator, dan monitor.

"Ada fasilitas mini ventilator sehingga ambulans ini memenuhi syarat untk memberi pertolongan pada kasus kegawatdaruratan," tambah dia.

Bagian dalam ambulans VIP untuk Asiaan Games 2018 yang disiapkan kemenkes. (Suara.com/Firsta Nodia)
Bagian dalam ambulans VIP untuk Asiaan Games 2018 yang disiapkan kemenkes. (Suara.com/Firsta Nodia)

Tak hanya itu, dari segi ukuran, ambulans VIP juga lebih besar dan tinggi, hal ini menurut Bambang bisa mengakomodir para atlet dari negara lain yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata orang Indonesia.

"Persyaratan ketinggian dan panjang. Jadi bisa mengakomodir atlet yang tingginya lebih dari dua meter. Atlet juga bisa berdiri ketika diperlukan manuver atau perawatan di dalam ambulans," tambah Bambang.

Ambulans VIP, kata dia, merupakan hasil pengadaan barang pada 2017 dengan merek Mercedes Benz seharga Rp 2 Miliar per unitnya. Rencananya selama Asian Games, ambulans VIP akan disiagakan di arena pertandingan cabang olahraga yang memiliki kesulitan akses seperti pada pertandingan paralayang.

"Kita siapkan di titik yang susah akses misalnya paralayang. Untuk pertolongan pertama saja saat ada kejadian di ambulans bisa diberikan pertolongan dan kemudian dilanjutkan di rumah sakit. Distribusi di Palembang ada 5 titik. Di Jawa Barat dan Jakarta lebih banyak," terang Bambang.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS