Pakai Lensa Kontak saat Mandi, Perempuan Ini Alami Kebutaan

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Pakai Lensa Kontak saat Mandi, Perempuan Ini Alami Kebutaan
Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)

Mata Suzanne Dunne alami kebutaan setelah terinfeksi cacing lantaran tak melepas lensa kontak saat mandi.

Suara.com - Jangan pakai lensa kontak saat mandi agar tak mengalami risiko kebutaan seperti yang dialami perempuan asal Donabate, North Co Dublin, Irlandia ini.

Ya, kebersihan dan ketepatan adalah hal yang sangat penting Anda perhatikan jika memiliki kebiasaan menggunakan lensa kontak. Jika tidak, Anda mungkin bisa mengalami hal yang tak diinginkan, seperti yang dialami Suzanne Dunne.

Ia mengalami kebutaan setelah cacing parasit masuk ke dalam korneanya saat mandi tanpa melepas lensa kontak.

Dunne mengatakan cacing parasit itu menyebabkan infeksi di mata kanannya yang secara bertahap membuat matanya iritasi. Pada 20 Juli, rasa sakitnya semakin parah, dan bangun di tengah malam dengan kondisi di mana Dunne tidak dapat melihat.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi karena semuanya serba hitam. Jadi, saya merangkak keluar dari kamar tidur dan suami saya Paul masuk dan dia mulai berteriak dan menelepon ambulans. Pandangan saya telah hilang, benar-benar hilang. Seluruh tempat itu hitam," kisah perempuan yang berprofesi sebagai perawat tersebut dilansir Mirror.co.uk.

Menurut dokter Rumah Sakit Mater, saat cuaca hangat, parasit di dalam air berhasil masuk ke belakang lensa kontaknya ketika dia sedang mandi.

"Ini hanya dapat terjadi pada pemakai lensa kontak karena lensa kontak menciptakan vakuam pada mata. Jadi jika ada sesuatu, bisa membuatnya menempel di sana," kata dia.

Cacing parasit tersebut, kata Dunne, lalu bergerak selama empat jam. Jadi, itu terjadi pada saat saat dia di kamar mandi. "Saya dengar cacing ini ada di Asia. Saya tidak menyadarinya, tetapi jika suhu tetap hangat atau panas, itu aktif dalam air di Irlandia," ungkap Dunne.

Dia menghabiskan 16 hari di rumah sakit di mana harus menuangkan cairan pemutih ke matanya setiap hari untuk membunuh infeksi dan diberi morfin untuk mengatasi rasa sakit.

"Rasa sakit itu seperti pisau panas seakan membakar mata saya. Mereka seperti akan mengambil mata saya keluar dan mengatakan bahwa ini adalah virus Acanthamoeba," cerita Dunne saat mengalami hal mengerikan pada matanya .

Sekarang, Dunne menyadari betapa berbahayanya memakai lensa saat mandi. Oleh karena itu ia kerap melakukan edukasi tentang bahaya Pakai lensa kontak saat mandi agar tak ada lagi yang bernasib serupa seperti dirinya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS