alexametrics

Punya Mata Panda, Yuk Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Punya Mata Panda, Yuk Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini
Ilustrasi brokoli (shutterstcok)

Beberapa peneliti mengklaim bahwa kantong di bawah mata juga menunjukkan kurangnya zat besi dalam diet

Suara.com - Kurang tidur kerap membuat banyak orang menjadi kelelahan. Pada kaum hawa, kondisi ini menambah masalah baru yakni dengan munculnya mata panda. Berbagai krim dan masker pun mengklaim bisa mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata ini. Tapi tentu saja karena tergolong bahan kimia, metode perawatan tersebut bisa memicu beragam efek samping.

Nah jika Anda ingin mengatasinya dengan cara alami maka cobalah ubah pola makan Anda.

Disampaikan Dr. Anton Alexandroff, konsultan Dermatologist & British Skin Foundation, selain tidur cukup, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan mata panda. Biasanya makanan ini kaya akan antioksidan seperti vitamin C atau vitamin K yang umumnya terdapat dalam buah dan sayuran seperti blueberry, tomat, brokoli, paprika merah dan sayuran hijau.

“Lingkaran hitam di bawah mata adalah hal yang umum dan menantang untuk diobati saat ini. Namun ada beberapa temuan yang menunjukkan bahwa antioksidan dan agen anti-inflamasi dapat membantu mengatasinya," ujar Anton.

Baca Juga: Richard Muljadi Jadi Tersangka, Polisi Mulai Gelar Perkara

Sementara beberapa peneliti mengklaim bahwa kantong di bawah mata juga menunjukkan kurangnya zat besi dalam diet, Ia menjelaskan bahwa belum ada bukti yang menyebut bahwa konsumsi zat besi bisa mengurangi lingkaran hitam ini.

Namun, Ia tetap menyarankan Anda mendapatkan cukup zat besi melalui makanan seperti daging merah, tahu, terutama bagi mereka yang mengalami anemia.

Di sisi lain, Ahli gizi terkemuka Harley Street, Rhiannon Lambert mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada “makanan ajaib” yang dapat menjamin hilangnya lingkaran hitam di bawah mata. Tapi dengan meningkatkan konsumsi mikronutrien secara keseluruhan seperti pada buah dan sayuran di atas bisa membantu.

"Nutrisi dapat membantu melawan radikal bebas yang telah dikaitkan dengan penuaan dini. Makan tiga kali sehari yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak esensial termasuk ikan dan berbagai buah dan sayuran juga dapat membantu mendukung kesehatan kulit," tandasnya.

Baca Juga: Perahu Bidar Jadi Atraksi Keren di Festival Sriwijaya 2018