Studi : HPV Tingkatkan Risiko Kanker Esofagus

M. Reza Sulaiman, Risna Halidi

Selasa, 18 September 2018 | 18:15 WIB
Studi : HPV Tingkatkan Risiko Kanker Esofagus
HPV meningkatkan risiko kanker esofagus. (Shutterstock)

Suara.com - Studi terbaru dari Australia menyebut infeksi human papillomavirus (HPV) dapat berkembang menjadi kanker esofagus.

Profesor Shan Rajendra dari Ingham Institute, University of New South Wales, mengatakan bahwa HPV menjadi penyebab sekitar 20 sampai 25 persen kasus kanker esofagus.

Sementara itu, laki-laki lebih mungkin terinfeksi HPV dibanding perempuan saat berhubungan oral. Merokok dan minum alkohol juga dianggap faktor risiko besar yang dapat menyebabkan kanker esofagus.

Aktor kawakan asal Amerika Serikat, Michael Douglas, merupakan salah satu orang yang terkena kanker esofagus. Ia didiagnosis kanker pada Agustus 2010 dan dikenal sebagai maniak rokok dan minuman beralkohol.

"Kanker ini disebabkan oleh HPV. Ini adalah penyakit menular seksual yang menyebabkan kanker," kata Michael Douglas, suami dari Catherine Zeta Jones kepada The Guardian pada 2013 lalu.

Penelitian ini dipresentasikan dalam acara Gastroenterology Week yang diadakan oleh Gastroenterological Society beberapa waktu lalu dan diterbitkan dalam jurnal akademik, Diseases of the Oesophagus.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa jika Anda memiliki lebih dari dua pasangan seks oral dalam hidup Anda, maka risiko kanker kerongkongan terkait HPV secara signifikan meningkat," kata Profesor Rajendra, dikutip dari News.com.au.

Penelitian ini dilakukan terhadap 142 pasien dengan kanker esofagus yang bersumber dari virus. Ini artinya, mereka mengembangkan penyakit HPV dan mengidap kanker tahap awal serta dapat merespon paling baik terhadap pengobatan.

"Mereka menanggapi operasi atau perawatan endoskopi jauh lebih baik daripada mereka yang negatif virus. Mereka juga merespon lebih baik terhadap kemoterapi dan radioterapi," kata Rajendra.

baca juga

Di dunia, Australia merupakan negara pertama yang menawarkan vaksin untuk HPV secara cuma-cuma bagi gadis remaja usia 11-12 tahun sejak 2008.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Cegah Kanker dengan Lakukan Gaya Hidup Ini!

Cegah Kanker dengan Lakukan Gaya Hidup Ini!

Health | Minggu, 16 September 2018 | 07:44 WIB

Makan Daging Merah Bisa Memicu Kanker? Ini Kata Dokter

Makan Daging Merah Bisa Memicu Kanker? Ini Kata Dokter

Health | Sabtu, 15 September 2018 | 19:45 WIB

Kabar Gembira! Obat Kanker Limfoma Kini Diproduksi di Indonesia

Kabar Gembira! Obat Kanker Limfoma Kini Diproduksi di Indonesia

Health | Sabtu, 15 September 2018 | 14:12 WIB

Akhirnya Vaksin untuk Cegah Jenis Kanker Ini Ditemukan

Akhirnya Vaksin untuk Cegah Jenis Kanker Ini Ditemukan

Health | Kamis, 13 September 2018 | 13:39 WIB

5 Mitos Kesehatan Soal Kanker Darah yang Masih Dipercaya

5 Mitos Kesehatan Soal Kanker Darah yang Masih Dipercaya

Health | Kamis, 06 September 2018 | 21:00 WIB

Studi: Minum Aspirin Bisa Turunkan Risiko Kena Kanker Ovarium

Studi: Minum Aspirin Bisa Turunkan Risiko Kena Kanker Ovarium

Health | Kamis, 06 September 2018 | 14:00 WIB

Terkini

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:55 WIB

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:12 WIB

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:48 WIB

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Jabar | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:06 WIB

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

×