Anak Menelan Mainan, Apakah Bisa Keluar Lewat BAB?

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Anak Menelan Mainan, Apakah Bisa Keluar Lewat BAB?
Anak bisa menelan mainan saat bermain. Bisa keluar lewat BAB? (Shutterstock)

Muncul pertanyaan, bagaimana nasib mainan yang tertelan, apakah bisa keluar saat anak buang air besar (BAB)?

Suara.com - Salah satu kekhawatiran orang tua adalah anak menelan mainan yang sedang dimainkan. Muncul pertanyaan, bagaimana nasib mainan yang tertelan, apakah bisa keluar saat anak buang air besar ( BAB )?

Sekelompok tim peneliti medis akhirnya berhasil menemukan jawaban dari salah satu pertanyaan parenting paling populer di dunia, berapa lama sih sebuah mainan, lego, koin, atau kelereng yang tertelan akhirnya bisa keluar saat BAB?

Seperti yang semua tahu, anak-anak kerap menelan berbagai benda kecil seperti lego sampai koin.

Hal tersebut membuat orang tua khawatir tentang apa yang akan terjadi dan apakah hal tersebut berbahaya bagi anak.

Untungnya, sekelompok peneliti cukup baik hati dan berani untuk menguji sendiri berapa lama sebuah lego bertahan di dalam perut sampai akhirnya keluar dari tubuh.

Menurut artikel yang diterbitkan jurnal Paediatrics and Child Health, enam dokter anak menelan lego dan menunggu kapan lego keluar dari tubuh dengan selalu mengisi data di buku harian BAB.

Hasilnya yang juga dikenal dengan istilah Found and Retrieved Time score (FART) terungkap kalau lego butuh waktu 1,71 hari untuk bisa keluar dari tubuh.

"Ada beberapa bukti bahwa perempuan lebih mungkin berhasil daripada laki-laki, tetapi ini tidak dapat divalidasi secara statistik," tulis penelitian tersebut, dikutip dari Mirror.

Sebagai konklusi, peneliti mengatakan bahwa percobaan menelan objek kecil, seperti halnya yang sering dilakukan anak, akan keluar lewat BAB dalam kurun waktu 1 sampai 3 hari tanpa komplikasi.

"Ini harusnya memberikan rasa tenang bagi orang tua," tulis studi lagi.

Nah, sudah terjawab ya pertanyaan soal berapa lama waktu yang dibutuhkan anak untuk mengeluarkan mainan, lego, dan koin yang tertelan saat BAB. Namun, usahakan orang tua untuk mengawasi anak saat bermain agar kejadian mainan tertelan bisa dicegah.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS