Anak Suka Berbohong? Mulai Lakukan Ini Untuk Membiasakannya Jujur

Silfa Humairah Utami
Anak Suka Berbohong? Mulai Lakukan Ini Untuk Membiasakannya Jujur
Ilustrasi orangtua mendidik anak agar tak berbohong. [Shutterstock]

Apa yang harus dilakukan orang tua kepada anak agar tidak berbohong?

Suara.com - Jangan biarkan anak suka berbohong, walaupun fase ini wajar terjadi selama masa tumbuh kembangnya, namun Anda sebagai orang tua segera beri penjelasan dan biasakan anak berkata jujur. 

Hello Sehat berbagi tips jitu menghentikan kebiasaan anak suka berbohong.

1. Mulai dari diri sendiri

Pernah mendengar peribahasa berbunyi “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”? Peribahasa ini sedikit mencerminkan bagaimana anak bertumbuh kembang di bawah pengawasan orangtua.

Ana kecil akan belajar dengan meniru apa yang dilakukan orangtuanya sebagai orang terdekat mereka. Maka jika orangtua terbiasa berkata jujur di rumah, anak juga lama-lama akan mengikuti kebiasaan tersebut.

Jadi, meski Anda sebelumnya mungkin suka berbohong demi kebaikan (white lies), sebaiknya hentikan kebiasaan ini di depan anak karena apa pun alasannya bohong tetaplah perilaku buruk yang tidak pantas dicontoh.

2. Jelaskan bedanya kejujuran dan kebohongan

Anak-anak belum paham betul apa yang dimaksud dengan berkata jujur karena mereka masih suka menggunakan imajinasinya untuk bercerita. Supaya si kecil tahu mana yang nyata dan tidak, Anda perlu menjelaskan perbedaan antara kejujuran dengan kebohongan.

Bantu anak Anda untuk mengarahkan imajinasinya agar ia bisa membedakan apakah cerita itu adalah harapan atau kenyataan. Sementara itu beri tahu anak bahwa berbohong adalah perilaku buruk yang tidak patut dilakukan. Terutama untuk menghindar dari hukuman.

3. Beri hadiah jika ia berkata jujur

Setelah menjadi contoh yang baik dan menjelaskan tentang buruknya berkata bohong, sekarang waktunya untuk membicarakan konsekuensi dari berbohong dalam kehidupan sehari-hari.

Tegaskan kebiasaan berbohong bisa membuat orang lain jadi tidak mempercayai mereka juga membuat ia jadi tidak disukai.

Untuk mulai membiasakan anak berkata jujur, Anda bisa ajak anak Anda untuk bicara sesuai dengan keadaannya.

Anda sebagai orang tua bisa memberikan peraturan berupa hukuman jika anak ketahuan berbohong, kemudian, untuk mendorong anak untuk berkata jujur beri apresiasi berupa pujian atau juga hadiah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS