6 Cara Kurangi Nyeri saat Melahirkan Tanpa Disuntik

Ade Indra Kusuma
6 Cara Kurangi Nyeri saat Melahirkan Tanpa Disuntik
Ilustrasi ibu melahirkan. (Sumber: Shutterstock)

Namun perlu diingat jika dampaknya tidak sebesar obat penghilang rasa sakit biasa.

Suara.com - Saat persalinan , biasanya para ibu akan diberikan suntikan pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Namun berbeda dengan apa yang dialami Nikki Bell. Ia melahirkan bayi dengan berat 5 kg tanpa disuntik obat penghilang rasa sakit atau dibius.

Seperti yang kita tahu, berat rata-rata seorang bayi ketika dilahirkan adalah 3,5 kg. Sedangkan batas wajarnya berada pada rentang 2,5 - 4,5 kg.

Nikki Bell dan Parker [dailynews]
Nikki Bell dan Parker [dailynews]

Nikki Bell, wanita asal Syned, Australia, melahirkan anak laki-laki yang ia beri nama Parker. Nikki melahirkan tanpa bantuan penghilang rasa sakit. Dengan berat bayi seperti itu, Pihak rumah sakit Blacktown Hospital pun menganggap ini merupakan rekor bayi terbesar yang pernah ada.

''Ini merupakan kelahiran alami tanpa komplikasi. Kami senang Parker dan ibunya dalam keadaan baik,'' ungkap pihak rumah sakit seperti dikutip Dailynews.

Melahirkan memang sebuah proses yang biasanya sangat menyakitkan. Banyak ibu baru cemas menghitung mundur tanggal persalinannya. Rasa nyeri saat melahirkan bisa dikurangi secara alami tanpa bergantung pada pembiusan medis. Namun, sebenarnya apakah kita bisa melahirkan normal tanpa disuntik obat penghilang rasa sakit? 

Rasa nyeri saat melahirkan bisa dikurangi secara alami tanpa bergantung pada pembiusan medis. Namun perlu diingat jika dampaknya tidak sebesar obat penghilang rasa sakit biasa. Berikut ada 6 tips kurangi nyeri persalinan seperti mengutip Parents.

Rileks

"Yang paling penting Anda dapat bersantai selama persalinan adalah pikiran Anda, ketika Anda takut rasa sakit, Anda tegang, itu membuat rasa sakit menjadi lebih buruk, jadi dibuat rileks saja," kata Stacey Rees, perawat-bidan bersertifikat di Clementine Midwifery, di Brooklyn, New York.

Pijatan

Pijatan di daerah bagian bawah punggung atau di bagian bahu saat kontraksi bisa mengurangi rasa nyeri saat persalinan. Pijatan juga bisa membuat Anda rileks dan membantu merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik.

Minta tolong kepada pendamping atau bidan untuk memijat tubuh Anda. Minta mereka untuk memijat secara perlahan-lahan

Air Hangat

Isi botol dengan air panas, tapi bukan air mendidih. Sebelum menempelkan pada tubuh, atau bahu. Balut botol berisi air hangat dengan handuk tipis terlebih dahulu.

Kehangatan juga bisa Anda peroleh dengan mengompres bagian yang terasa sakit, seperti di antara bagian belakang vagina dan perineum (daerah antara vagina dan anus), dengan handuk yang telah direndam air hangat.

Terapi Air hangat dapat bekerja untuk mengurangi rasa sakit persalinan. "Jangan meremehkan kekuatan mandi juga, aliran air hangat tidak hanya membuat Anda rileks tetapi juga akan memijat Anda. Rasanya benar-benar luar biasa dan sangat menenangkan untuk masuk ke air hangat di pusat persalinan," kenang Cynthia Overgard ibu 3 orang anak asal Stamford, Connecticut, US.

Atur nafas

Agar tetap rileks, penting untuk memperhatikan pernapasan Anda, sama seperti saat Anda mengangkat beban. Entah Anda sedang menghirup atau menghirup, terengah-engah atau menghirup dalam-dalam, selama Anda berfokus pada napas Anda dan melepaskannya, Anda akan menemukan beberapa bantuan. "Aku mengatakan pada wanita bahwa nafas mereka adalah jalan melalui kontraksi," lanjut Rees.

Opioid

Opioid adalah jenis obat pereda nyeri dosis tinggi, khusus untuk mengobati rasa sakit yang cenderung kuat, Obat antinyeri. Obat ini dapat diberikan untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat persalinan tanpa menyebabkan mati rasa di bagian tubuh tertentu. Untuk mengurangi rasa nyeri yang sangat berat, dapat diberikan obat golongan opioid.

Berjalan

Berjalan tiap kali kontraksi selesai diduga bisa memperpendek waktu persalinan dan mengatasi nyeri persalinan. Terakhir, jangan lupa mengonsumsi makanan berenergi, karena proses persalinan bisa memakan waktu hingga berjam-jam.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS