5 Tips Tetap Sehat Saat Rayakan Tahun Baru, Nomor 1 Penting Banget!

M. Reza Sulaiman
5 Tips Tetap Sehat Saat Rayakan Tahun Baru, Nomor 1 Penting Banget!
Tetap sehat saat rayakan Tahun Baru 2019 dengan tips berikut ini. (Shutterstock)

Bagi kamu yang ingin merayakan pesta Tahun Baru, simak 5 tips ini agar tetap sehat ya!

Suara.com - Perayaan Tahun Baru 2019 tinggal menghitung jam. Ada yang merayakan secara kecil-kecilan dengan keluarga dan sahabat, ada pula yang memilih untuk merayakannya bersama masyarakat lain di pusat kota.

Apapun rencana kamu untuk merayakan Tahun Baru 2019, jangan lupakan kesehatan ya! Bagi kamu yang ingin merayakan pesta Tahun Baru, simak 5 tips ini agar tetap sehat:

1. Gunakan pakaian tebal

Nah, menggunakan jaket dan pakaian tebal penting banget buat kamu yang berencana merayakan tahun baru di luar ruangan! Dengan kondisi cuaca beberapa hari terakhir yang sering hujan dan angin kencang, menggunakan pakaian tebal bisa membuat tubuh tetap hangat, sehingga meminimalkan risiko terserang penyakit usai merayakan tahun baru.

2. Hindari merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol hingga mabuk untuk merayakan tahun baru? Udah nggak zaman!

Merokok sudah diketahui bisa menyebabkan banyak penyakit, mulai dari penyakit jantung, paru-paru, hingga kanker. Di sisi lain, minum alkohol dikaitkan dengan serangan jantung dan gangguan fungsi hati, serta risiko tinggi kecelakaan saat mengendarai kendaraan bermotor.

3. Jaga makanan

Sebagian orang merayakan tahun baru dengan pesta barbeque dan makan-makan. Boleh-boleh saja sih, tapi ingat ya jangan sampai kalap.

Konsumsi daging merah oleh WHO sudah dikategorikan sebagai pemicu kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Makan dengan kalap juga berisiko membuatmu sakit perut di keesokan harinya, serta meningkatkan risiko kegemukan dan obesitas.

4. Jangan begadang

Ingin melihat pesta kembang api saat perayaan tahun baru, boleh-boleh saja. Namun ingat, segera tidur setelah selesai dan jangan begadang.

Begadang secara otomatis membuat jam tidur berkurang. Hal ini dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, mulai dari masalah kejiwaan, risiko stroke, hingga obesitas dan kegemukan.

5. Tetap positif

Perayaan tahun baru bukan sekadar hura-hura bersama teman. Sebisa mungkin, jadikan perayaan tahun baru kamu bermaknya ya!

Maknai perayaan tahun dengan positif, sembari berjanji kepada diri sendiri untuk lebih baik tahun depan, agar target dan goals yang ditentukan bisa dicapai.

Nah, itulah tips agar tetap sehat saat merayakan Tahun Baru 2019.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS