Ini 7 Minuman yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

Vania Rossa
Ini 7 Minuman yang Bisa Jadi Penyebab Kanker
Ilustrasi air mineral kemasan atau air kemasan. (Shutterstock)

Tak hanya dari makanan, kanker juga bisa berasal dari beberapa jenis minuman.

Suara.com - Banyak orang hanya mengenal jenis-jenis makanan pemicu kanker , seperti makanan yang dibakar, makanan yang diawetkan, atau makanan olahan. Tapi, pemicu kanker juga bisa berasal dari minuman , lho. Dan Anda mungkin akan terkejut setelah tahu jenis minuman apa saja yang berpotensi memicu kanker, seperti dilansir dari Oddity Central.

1. Air keran
Infrastruktur air keran yang mengalir ke rumah, misalnya pipa, mungkin saja sudah menua, sehingga berpotensi berkarat dan kotor. Selain itu, air keran sangat mungkin mengandung bahan kimia beracun yang digunakan untuk membersihkan kontaminan biologis berbahaya. Selain klorin, ada juga dibutil ftalat (DBP) yang 1.000 kali lebih beracun daripada klorin.

2. Air kemasan
Yang menjadi masalah di sini adalah kemasan botol air kemasannya. Botol plastik tidak hanya dianggap sebagai bencana lingkungan, tetapi juga mengandung zat kimia berbahaya yang bisa terurai. Salah satu contoh penting adalah bisphenol-A atau BPA. Bahan kimia ini banyak digunakan dalam banyak botol air plastik meski sudah banyak bukti bahwa BPA mengganggu hormon yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat, payudara, serta gangguan metabolisme.

3. Alkohol
Minum alkohol dalam jumlah berlebihan memiliki sejumlah konsekuensi kesehatan, termasuk kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara alkohol dan kanker kerongkongan, lambung, hati, usus, dan payudara. Dan meski anggur merah dianggap sehat karena kandungan antioksidannya, anggur merah masih mengandung etanol. Etanol adalah pemicu utama kanker yang ditemukan dalam minuman beralkohol. CDC merekomendasikan tidak lebih dari satu gelas per hari jika Anda seorang perempuan, dan dua gelas per hari jika Anda seorang lelaki.

4. Minuman Energi
Minuman berenergi mungkin membuat Anda merasa bugar selama beberapa jam, tetapi minuman ini akan menimbulkan kerusakan di dalam tubuh Anda. Terbuat dari gula, kafein, dan pewarna buatan, minuman energi dapat meningkatkan tekanan darah dan gula darah Anda secara bersamaan. Salah satu penyebab orang meninggal setelah terlalu banyak minum minuman energi, terutama diakibatkan oleh masalah jantung dan kejang. Apa pun yang melemahkan sistem di dalam tubuh Anda, dapat memicu munculnya kanker. Ditambah lagi ada gula di sana, yang merupakan sumber makanan favorit kanker.

5. Soda
Seperti minuman berenergi, soda mengandung banyak gula, kafein, dan bahan-bahan tak alami lainnya. Salah satunya adalah pewarna. Pewarna cokelat pada minuman cola, yang disebut 4-MeI, dikenal sebagai karsinogen.

Begitu juga dengan soda diet, meski katanya tidak mengandung gula, tetapi mengandung pengganti gula seperti sukralosa, sakarin, atau aspartam. Gula palsu ini diketahui mengacaukan proses metabolisme tubuh, menyebabkan lebih banyak lemak disimpan, dan berpotensi menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

6. Minuman yang sangat panas
Organisasi Kesehatan Dunia telah mengatakan bahwa minum minuman yang sangat panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Untuk amannya, minuman harus setidaknya bersuhu 65 derajat Celcius.

7. Minuman kopi
Kopi memang kaya antioksidan dan menawarkan beberapa pencegahan terhadap kanker. Sayangnya, beberapa minuman berbasis kopi lebih banyak mengandung gula dan krim daripada kopi sebenarnya. Menambahkan banyak sirup, cokelat, karamel, atau krim kocok ke minuman kopi hampir menghilangkan semua keuntungan yang dimiliki kopi.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS