Meski Jorok, Lendir di Hidung Ada Manfaatnya

Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Ilustrasi mengeluarkan ingus kental berwarna hijau dari hidung ternyata ada manfaat bagi kesehatan. (Shutterstock)
Ilustrasi mengeluarkan ingus kental berwarna hijau dari hidung ternyata ada manfaat bagi kesehatan. (Shutterstock)

Baik untuk kesehatan, ini fakta tentang ingus kental berwarna hijau dari hidung!

Suara.com - Pernahkah Anda mengeluarkan ingus kental berwarna hijau dari hidung Anda? Mungkin hal ini dianggap menjijikkan tapi sebenarnya baik untuk kesehatan lho!

Dilansir dari laman TimesofIndia, lendir adalah cairan kental yang diproduksi tubuh untuk melindungi diri dari virus dan bakteri berbahaya. Jika lapisan hidung Anda kering maka Anda lebih rentan terkena infeksi.

Lendir ini membuat lapisan hidung tetap lembab. Selain itu lendir juga mencegah risiko iritasi yang ada di lingkungan seperti partikel debu, virus dan bakteri yang kita hadapi sehari-hari. Lendir bertugas menjebak partikel asing yang masuk ke hidung sementara bulu halus berusaha mendorongnya ke luar.

Berikut adalah fakta menarik mengenai lendir dalam hidung yang harus Anda tahu!

1. Lendir meningkat saat tertentu

Tubuh menghasilkan lendir hingga 1 liter setiap harinya dan jumlah ini akan terus meningkat jika Anda masuk angin. Lendir ini ditemukan di seluruh bagian tubuh termasuk perut dan usus.

2. Kebiasaan ngupil ternyata juga menyehatkan

Alasannya, lendir yang dihasilkan dari kegiatan ngupil dapat menghalangi bakteri jahat untuk menginfeksi tubuh Anda. Bahkan peneliti dari Austria, Prof Friedrich Bischinger mengatakan bahwa orang-orang yang sering ngupil lebih bahagia dan sehat dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

3. Ketika Anda jatuh sakit, lendir yang ada di tubuh Anda menjadi lebih kental

Keluarnya ingus kental berwarna kuning atau kehijauan adalah tanda utama infeksi sinus. Lendir berwarna ini disebabkan karena sel darah putih sebagai tanda sistem imun tubuh sedang melawan infeksi.

4. Terobsesi untuk mengupil

Ketika seseorang menjadi terobsesi untuk mengupil, kelainan ini dikenal sebagai rhinotiiiexomania. Banyak orang yang merasa bahwa ngupil memberi perasaan lega dan bahagia.

Jadi jangan keburu panik dan berobat saat mengeluarkan ingus kental berwarna hijau dari hidung Anda, bukan hal yang mengkhawatirkan bahkan baik untuk kesehatan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS