Wanita Ini Tak Bersihkan Pusar 24 Tahun hingga Ada Benda Aneh di Dalamnya

Vika Widiastuti
Wanita Ini Tak Bersihkan Pusar 24 Tahun hingga Ada Benda Aneh di Dalamnya
Ilustrasi pusar [shutterstock]

Suatu hari ia pun merasakan sakit dan bau.

Suara.com - Kadang mungkin kita tak menyadari jika mengabaikan pusar atau udel saat mandi . Padahal, seperti bagian tubuh lainnya, pusar pun harus dibersihkan. 

Seorang wanita di Jepang yang tidak memedulikan kebersihan pusar pun merasakan akibatnya. Dikutip HiMedik dari Feedy TV pada Desember 2018, wanita itu sudah 24 tahun membiarkan kotoran di pusarnya.

Suatu hari ia pun merasakan sakit dan bau. Wanita yang tak disebutkan identitasnya itu lantas pergi ke dokter.

Saat melakukan inspeksi kebersihan, para perawat benar-benar terkejut. Tidak hanya bau tak sedap, di dalam pusar pasien ini juga ditemukan benda aneh sekeras batu yang tak diketahui sudah berapa lama berada di sana.

Pengangkatan batu pusar - (FeedyTV/ezvivi3)
Pengangkatan batu pusar - (FeedyTV/ezvivi3)

Menurut Feedy TV, pusar memiliki celah yang dapat menjadikan kotoran terkumpul dan membiakkan bakteri. Maka dari itu, usahakan untuk membersihkannya seminggu sekali. Jika tidak, berikut beberapa risikonya:

1. Infeksi ragi
Pusar adalah tempat berkembang biaknya bakteri karena merupakan daerah gelap dan lembap, sehingga bisa menimbulkan infeksi ragi.

2. Bau
Meskipun terkadang tidak terjadi infeksi jamur, penumpukan keringat, kotoran, sel kulit mati, dan serat dapat menyebabkan pusar berbau tak enak.

3. Omphalolith
Sel-sel kulit mati dan sebum (minyak yang dikeluarkan kulit, -red) yang menumpuk di pusar bisa membentuk omphalolith dari waktu ke waktu. Omphalolith, yang juga dikenal sebagai batu pusar, terbentuk dari bahan yang sama seperti komedo.

Permukaan batu pusar akan berubah menjadi hitam karena oksidasi. Batu pusar tidak bisa ditekan keluar seperti komedo, tetapi dihilangkan dengan pinset.

HiMedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS