Dear Ladies, Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Nyeri Saat Bercinta

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Dear Ladies, Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Nyeri Saat Bercinta
Nyeri saat bercinta bukan masalah sepele. (Shutterstock)

Nyeri saat bercinta bukan perkara sepele. Untuk itu, penting bagi perempuan untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Suara.com - Dear Ladies, Ini yang Perlu Kamu Ketahui Soal Nyeri Saat Bercinta

Nyeri saat bercinta bukan perkara sepele. Bercinta yang seharusnya menjadi sarana meraih kenikmatan bersama bisa jadi menyakitkan bagi perempuan.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan nyeri saat bercinta terjadi? Dilansir dari Metro, berikut beberapa penyebabnya:

Vagina kering

Biasanya, vagina kering terjadi setelah perempuan mengalami masa menopause, yang membuat tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit pelumasan.

Kekeringan juga dapat terjadi ketika Anda dan pasangan tidak melakukan foreplay yang cukup dan belum terangsang secara sempurna.

Vulvodynia dan vaginismus

Kedua kondisi medis ini dapat menyebabkan rasa sakit saat penetrasi. Vaginismus dapat membuat otot-otot Anda kejang ke titik di mana lubang vagina terasa terlalu ketat untuk memungkinkan sesuatu masuk.

Sedangkan Vulvodynia dapat menyebabkan nyeri pada vulva saat disentuh, atau nyeri umum bahkan tanpa kontak.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami rasa sakit saat berhubungan seks? Jika Anda merasa itu masalah pelumasan, Anda mungkin bisa mencoba foreplay lebih lama untuk memastikan Anda siap melakukan penetrasi.

Penting juga dicatat bahwa penetrasi bukanlah segalanya dan akhir dari segalanya. Anda dapat melakukan hubungan seks yang sempurna tanpa penetrasi.

Pelumas bisa menjadi solusi dan dikombinasikan dengan foreplay. Cari pelumas berbahan dasar air yang tidak akan memengaruhi kondom. Jika Anda merasa sakit dan tidak nyaman secara terus menerus, Anda bisa mengunjungi dokter umum yang dapat memeriksa penyebab lain.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS