Jangan Salah, Ahli Gizi Sebut Minum Air di Pagi Hari Bukan Sarapan Lho!

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Jangan Salah, Ahli Gizi Sebut Minum Air di Pagi Hari Bukan Sarapan Lho!
Hanya minum air di pagi hari, ahli gizi sebut bukan sarapan namanya. (Shutterstock)

Kesibukan di pagi hari terkadang membuat kita hanya sempat minum air saja dan melewatkan sarapan.

Suara.com - Jangan Salah , Ahli Gizi Sebut Minum Air di Pagi Hari Bukan Sarapan Lho!

Sarapan menjadi waktu makan terpenting yang sebenarnya tak boleh dilewatkan. Namun sayangnya, tak semua orang sadar akan hal tersebut. Kesibukan di pagi hari terkadang membuat kita hanya sempat minum air saja.

Padahal, kata Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, sarapan harus terdiri dari makan dan minum yang berisi energi dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh setelah tidur sepanjang malam. Zat gizi tersebut antara lain adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

"Definisi sarapan itu makan dan minum sesuatu di pagi hari. Meliputi dua aktivitas yaitu makan dan minum. Makan aktivitasnya itu mengunyah, mencampur makanan dan menelan. Kalau minum kan cuma meneguk saja. Jadi kalau saat pagi hari cuma minum saja, itu bukan sarapan namanya," ujar dia dalam acara Nestle Nestum 101 Healthy Bowls di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan, tetapi juga organ-organ lain termasuk jantung yang bertugas memompa darah.

Meningkatnya peredaran darah ini akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian kerja otak dan otot akan menjadi lebih baik pula.

Ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena perannya yang dapat membuat produktivitas kerja meningkat dan konsentrasi berpikir serta belajar menjadi lebih baik.

"Dengan mengonsumsi makanan yang penuh zat gizi saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih, baik dari sisi fisiologis maupun psikologis, dibandingkan hanya mengonsumsi minuman saja," tutup dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS