Wajib Baca! Ini Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang si Kecil

Silfa Humairah Utami
Wajib Baca! Ini Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang si Kecil
Ilustrasi peran ayah dalam tumbuh kembang si kecil. (Shutterstock)

Tak hanya ibu, ayah juga punya peran penting dalam tumbuh kembang si kecil.

Suara.com - Wajib Baca! Ini Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang si Kecil.

Para ayah juga memiliki keterlibatan secara aktif untuk menentukan kualitas tumbuh kembang si kecil, bukan hanya sejak lahir melainkan sejak dalam kandungan.

Kesibukan kerja yang mendera sering kali jadi alasan para ayah untuk menyerahkan sepenuhnya pengasuhan anak pada istri, bahkan kurangnya kontak fisik berupa kasih sayang dengan si ibu dan anak saat kehamilan istri.

Padahal kondisi saat hamil, ibu dan anak sangat butuh sentuhan kasih sayang. Jadi, yuk para ayah simak apa saja yang harus dilakukan untuk berkontribusi dalam mengurus dan memberi perhatian sejak bayi dalam kandungan agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Dr Rose Mini Agoes Salim dalam launching Pigeon Baby Toiletries di Restoran di Seribu Rasa, Jakarta Selatan. 

1. Mengelus perut istri dengan kasih sayang

Mengelus perus istri saat hamil merupakan bentuk dukungan terhadapnya. Hal itu baik untuk suasana hati dan pikirannya sehingga sugesti pada si jabang bayi pun juga baik.

2. Mengelus dan bicara saat anak bergerak atau kontraksi di kehamilan pertengahan hingga akhir

Jadi ketika saat kehamilan si ibu merasakan gerakan si anak di dalam perut, sang ayah juga berperan untuk mengelus perut dan berbicara pada anak. Terdengar aneh, tapi hal ini cukup baik karena sugesti batin yang ia rasakan saat bergerak dan mendengar suara orang tuanya akan membuatnya tenang. 

3. Hadir dan membantu saat lahiran istri

Kehadiran suami saat istri melahirkan sangat penting untuk membuat persalinan istri makin tenang dan bayi juga mendapat sentuhan pertama dari sang ibu dan ayah saat lahir ke dunia.

4. Kontribusi mengurus bayi

Seusai melahirkan si ibu sangat lemah dan butuh waktu istirahat yang cukup. Jadi, peran ayah di sini harus turut membantu mengurus bayi seperti menidurkannya dan mengganti popok. Sentuhan ayah pada bayi juga akan mensugestinya untuk merasa dekat dengan sang ayah ke depannya.

5. Ajak bayi bicara dan bermain 

Bukan hal yang sulit, peran ayah untuk menemani bayi dan mengajaknya bicara dengan berekspresi dan bermain dapat merangsang bayi. 

Makin dekat ayah dan ibu pada bayi dengan memberikan stimulasi berupa gerakan dan ekspresi, maka makin baik pula stimulasi perkembangan pendengaran dan penglihatannya untuk belajar.

Jadi, walaupun sibuk bekerja, kata Dr Rose Mini yang akrab disapa Bunda Romi, luangkan waktu sejenak untuk berpatisipasi dalam tumbuh kembang anak sejak bayi dalam kandungan ya para ayah.   

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS