Punya Lidah Stroberi, Ini Risiko Penyakit yang Mengintai

M. Reza Sulaiman
Punya Lidah Stroberi, Ini Risiko Penyakit yang Mengintai
Lidah stroberi merupakan istilah untuk menunjukkan lidah yang bengkak dan bergelombang. (Shutterstock)

Memiliki lidah stroberi bisa menandakan ada risiko penyakit yang mengintai lho. Apa saja?

Suara.com - Punya Lidah Stroberi, Ini Risiko Penyakit yang Mengintai

Punya lidah stroberi? Bukannya enak dan manis, memiliki lidah stroberi bisa menandakan ada risiko penyakit yang mengintai lho.

Lidah stroberi merupakan istilah untuk menunjukkan lidah yang bengkak dan bergelombang. Diyakini, kondisi lidah seperti ini merupakan gejala dari penyakit serius.

Dilansir Himedik dari WebMD, ada beberapa penyakit yang membuat lidah bengkak dan bergelombang ala lidah stroberi. Apa saja?

1. Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki menyebabkan terjadi peradangan di pembuluh arteri tubuh. Gejala-gejala lain termasuk demam tinggi, kulit terkelupas, ruam, dan mata merah serta gatal. Ini biasanya terjadi selama masa kanak-kanak.

2. Demam Scarlet

Demam Scarlet menyebabkan ruam merah di sebagian besar tubuhmu. Gejala lain termasuk garis merah di lipatan kulit, wajah memerah, demam tinggi, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun.

3. Alergi makanan dan obat

Dalam beberapa kasus, lidah stroberi mungkin menjadi tanda bahwa kamu alergi terhadap obat yang kamu minum atau sesuatu yang kamu makan.

Buah dan sayuran adalah penyebab paling umum. Dokter dapat memberi kamu antihistamin untuk membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Lidah stroberi gejala berbagai macam penyakit. (Shutterstock)
Lidah stroberi gejala berbagai macam penyakit. (Shutterstock)

4. Sindrom TS

Ini jarang terjadi, tetapi ini kadang-kadang dapat menyebabkan lidah stroberi. Sindrom TS adalah efek samping yang mengancam jiwa dari infeksi bakteri tertentu.

Sebagian besar kasus terkait dengan penggunaan tampon, tetapi juga dapat dikaitkan dengan kain kasa (ketika kain kasa dimasukkan ke dalam bilik hidung untuk menghentikan pendarahan).

Gejala lain termasuk demam tinggi yang mendadak, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit dan nyeri, mual, muntah, dan diare.

5. Glossitis

Kondisi lidah yang mirip lidah stroberi adalah glositis. Ini membuat lidahmu bengkak dan merah tetapi tidak bergelombang.

Seperti lidah stroberi, glositis dapat muncul sebagai efek samping dari berbagai kondisi. Keduanya bisa menjadi tanda B12 rendah, tetapi glositis kemungkinan merupakan gejala dari sesuatu yang tidak terkait dengan lidah stroberi. (Himedik/Yuliana Sere)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS