Alami Spina Bifida, Bayi Ini Dikeluarkan dari Rahim lalu Dimasukkan Lagi

Vika Widiastuti
Ilustrasi bayi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi bayi (Foto: shutterstock)

Bethan bersyukur operasi itu sukses.

Suara.com - Sebuah prosedur menakjubkan baru saja dijalani oleh wanita bernama Bethan Simpson (26). Bayinya yang belum lahir dikeluarkan dari rahim untuk menjalani perawatan lalu dikembalikan lagi.

Dilansir dari Mirror, Senin (11/2/2019), Bethan dan suaminya, Kieron mulanya diberi pilihan untuk mengakhiri kehamilannya. Hal itu sebelum mereka tahu tentang operasi tersebut.

Prosedur tersebut sebenarnya hanya dilakukan di Belgia. Namun, Bethan, yang akan melahirkan bulan April, merupakan salah satu dari segelintir ibu yang akan dioperasi oleh tim bedah dari Belgia dan Inggris di London.

Mulanya saat pemindaian rutin pada minggu ke-20, kepala bayi Bethan tampak memiliki ukuran yang tak sesuai. Wanita yang bekerja sebagai perawat itu lantas dikirim ke Broomfield Hospital di Chelmsford, Essex di di mana bayinya didiganosis menderita spina bifina.

Spina bifida merupakan suatu kondisi di mana saraf tulang belakang bayi tidak sepenuhnya berkembang dalam rahim. Hal ini bisa memengaruhi kemampuan anak dalam berjalan.

Bethan Simpson (Facebook/Bethan Simpson)
Bethan Simpson (Facebook/Bethan Simpson)

"Bidan kami membuat janji di London. 48 Jam kemudian kami berada di London untuk scan kepala dan tulang belakang," katanya.

Akibat kondisi itu, Bethan lantas diberi tawaran untuk melanjutkan kehamilannya, mengakhiri kehamilannya, atau pilihan baru, yaitu menjalani operasi janin untuk memperbaiki kondisi bayi bahkan sebelum ia dilahirkan.

"Saya dan bayi saya menjalani tes cairan ketuban, MRI, dan scan tanpa henti," katanya.

Mereka kemudian mendapatkan persetujuan untuk menjalani operasi. "Kehidupan kami seperti roller-coaster selama beberapa minggu," ucapnya.

Bagaimana selanjutnya? Lihat selengkapnya ya.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS