Bukan Karena Sering Tidur Siang, Ini Fakta Vernix Caseosa di Kulit Bayi

Vania Rossa
Bukan Karena Sering Tidur Siang, Ini Fakta Vernix Caseosa di Kulit Bayi
Vernix Caseosa pada bayi baru lahir. (Shutterstock)

Vernix Caseosa adalah lapisan lemak yang mirip gumpalan keju pada kulit bayi baru lahir.

Suara.com - Bukan karena Sering Tidur Siang, Ini Fakta Vernix Caseosa di Kulit Bayi .

Bayi tidak terlahir dengan kulit halus dan mulus. Sebaliknya, sebagian besar bayi lahir dengan kulit berkeriput dan penuh lemak yang berwujud gumpalan putih kekuningan. Kondisi ini bahkan bertahan hingga sebulan, sehingga salah kalau ada istilah 'selembut kulit bayi '.

Orang zaman dahulu, memercayai lemak di kulit bayi baru lahir disebabkan oleh gaya hidup si ibu saat hamil. Ada yang bilang hal ini karena sang ibu suka makan bakso sehingga lemak di kulit bayi jadi banyak, atau karena si ibu keseringan tidur siang sewaktu hamil. Dan yang lebih mengherankan, tak sedikit petugas kesehatan seperti bidan yang memercayai hal tersebut. 

Vernix Caseosa atau lemak di kulit bayi yang mirip keju ini sebenarnya sesuatu yang normal dan wajar. Lapisan lemak ini berkembang pada kulit bayi sejak dalam kandungan di usia kehamilan 20 minggu.

Menjelang akhir kehamilan, lapisan vernix ini akan semakin berkurang. Tapi, yang sering terjadi, sisa lapisan vernix ini masih terlihat jelas saat bayi lahir.

Dilansir dari laman Parents, lapisan vernix ini sebenarnya merupakan penyatuan dari minyak yang dikeluarkan kelenjar minyak di kulit janin dengan sisa-sisa sel kulit janin. Fungsinya tidak main-main, yaitu sebagai zat pelindung tubuh bayi sehingga terlindung dari bakteri dan jamur.

Vernix Caseosa juga bisa diibaratkan sebagai moisturizer yang mencegah kulit bayi dari kekeringan, memiliki sifat seperti antibiotik yang dapat membantu membersihkan kulit bayi saat masih berada di dalam kandungan, mencegah terjadinya kerutan pada kulit bayi di dalam kandungan, mempermudah bayi untuk keluar dari jalan lahir, serta mencegah terjadinya hipotermia saat bayi lahir.

Tapi, memang tidak semua bayi baru lahir terlahir dengan kulit diselimuti lapisan lemak ini. Ada yang hanya memilikinya di wajah, punggung, atau lengan atas saja. Yang pasti, ada atau tidak ada lapisan lemak ini, itu semua adalah normal. Dan yang pasti, itu bukan kotoran, ya. Jadi, tidak perlu ngotot untuk membersihkannya. Seiring dengan pertambahan usianya, lapisan lemak ini akan menghilang dengan sendirinya, kok.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS