Nenek Reino Barack Jadi Sorotan, Simak 5 Tips Sehat Orang Jepang

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Nenek Reino Barack Jadi Sorotan, Simak 5 Tips Sehat Orang Jepang
Ilustrasi wanita Jepang (Pixabay/sasint)

Menurut studi WHO, harapan hidup wanita Jepang mencapai usia 87 dan pria 80,5 tahun.

Suara.com - Pernikahan Syahrini dan Reino Barack di Jepang pada Rabu (27/2/2019) yang sempat menyedot perhatian hingga kini masih menjadi bahan perbincangan. Bahkan baru-baru ini tersebar foto Syahrini sungkem pada wanita lansia yang dikabarkan nenek Reino.

Dalam foto itu nenek Reino tampak masih sehat meskipun sudah berusia senja. Karakter awet muda nenek Reino ini juga lekat pada penampilan ibunda Reino, Reiko Barack, yang disebut-sebut sebagai orang Jepang asli.

Dikutip HiMedik dari Times of News pada 2018 lalu, Jepang memang menduduki puncak tabel harapan hidup secara global. Menurut studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), harapan hidup wanita Jepang mencapai usia 87 dan pria 80,5 tahun.

Sedangkan rata-rata harapan hidup seluruh negara di dunia adalah sampai 71 tahun. Sangat jauh bukan?
Jadi, apa sebenarnya rahasia orang Jepang agar tetap sehat sampai tua? Dihimpun dari Times of News, berikut adalah 5 kebiasaan sehat orang Jepang yang membuat mereka panjang umur:

Syahrini sungkem ke nenek Reino Barack - (Instagram/@syahreino_11)
Syahrini sungkem ke nenek Reino Barack - (Instagram/@syahreino_11)

1. Makan banyak sayuran

Kunci umur panjang orang Jepang adalah diet tradisional mereka, yang terdiri dari makanan segar dan tidak diolah. Mereka makan makanan yang seimbang dan banyak makan sayur serta buah musiman. Pada dasarnya, makanan tradisional mereka termasuk daging panggang, sup, dan teh.

2. Menyukai makanan laut

Bagi orang Jepang, makanan laut sangat penting. Ikan adalah elemen yang sangat diperlukan dalam masakan tradisional Jepang, seperti washoku.

Orang Jepang tidak menikmati makanan cepat saji dan berkalori tinggi, sebaliknya, mereka suka menikmati beragam sayuran, ikan, dan nasi.

Rumput laut, yang kaya nutrisi, adalah bagian penting dari makanan mereka sehari-hari. PBB mengungkapkan bahwa masyarakat Jepang mengonsumsi sekitar 100.000 ton rumput laut per tahun.

3. Banyak minum teh

Konsumsi teh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup sehari-hari orang Jepang. Sebagian besar teh yang dikonsumsi di Jepang berwarna hijau.

Teh hijau Jepang Matcha, yang digerus halus dari seluruh daun menjadi bubuk teh hijau, memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh Matcha dianggap bernilai tinggi karena rasanya yang tajam, rasa manisnya yang melekat, dan kandungan antioksidan, klorofil, dan seratnya yang tinggi.

Ilustrasi matcha - (Pixabay/dungthuyvunguyen)
Ilustrasi matcha - (Pixabay/dungthuyvunguyen)

4. Makan dengan piring yang kecil

Ternyata, orang Jepang selalu mengontrol porsi makanannya. Mereka makan menggunakan piring yang kecil, dan mereka lebih mementingkan kualitas makanan, bukan kuantitas.

Mereka juga makan mereka secara perlahan, sehingga lebih puas. Disebutkan, kontrol porsi adalah kunci untuk penurunan berat badan.

5. Tidak melewatkan sarapan

Bagi orang Jepang, sarapan adalah santapan terpenting dalam satu hari. Mereka memulai hari dengan beragam hidangan, termasuk sayuran, nasi, sup, telur, dan minuman esensial mereka, teh hijau.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS