Kena Serangan Jantung Seperti Butet Kertaradjasa, Ini yang Harus Dilakukan!

Ade Indra Kusuma
Kena Serangan Jantung Seperti Butet Kertaradjasa, Ini yang Harus Dilakukan!
Butet Kertaradjasa terkena serangan jantung saat saat beraksi di pentas bertajuk Kanjeng Sepuh. [suara.com/Wahyu Tri Laksono]

Yuk, simak 9 pertolongan pertama pada orang yang kena serangan jantung seperti yang dialami Butet Kertaradjasa.

Suara.com - Butet Kertaradjasa terkena serangan jantung saat beraksi di pentas bertajuk Kanjeng Sepuh, tapi bersikeras menuntaskan penampilannya di atas panggung, padahal sempat ambruk. 

Kabar Butet Kertaradjasa kena serangan jantung dibagikan penulis Kanjeng Sepuh Agus Noor di Instagram pada Sabtu (23/3/2019).

"Semalam, saat pentas memasuki menit ke 60-an, Butet yang memerankan Semar, tumbang, tubuhnya lemas dan dingin. Tergolek pucat. Itu usai adegan Semar muncul di kuburan: hidup itu cuma main-main, yang serius kematian," tulis Agus.

Butet Kertaradjasa langsung mendapatkan pertolongan pertama dari tim produksi dan medis. Setelah siuman di belakang panggung, Butet Kertaradjasa, kata Agus, memaksa untuk meneruskan penampilannya.

Bicara soal serangan jantung seperti yang dialami Butet Kertaradjasa, biasanya disertai dengan keluhan lainnya. Meremas rasa sakit di bagian tengah dada, ketidaknyamanan atau rasa sakit menyebar di luar dada ke bahu, punggung, leher, rahang, gigi, salah satu atau kedua lengan, atau kadang-kadang perut bagian atas, sesak napas, sakit kepala, berkeringat banyak, hingga pingsan.

Nah, bila Anda mengalami atau melihat orang terkena serangan jantung dr. Ade Meidian Ambari Sp.JP, Perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular (PERKI) mengatakan bahwa nyeri dada tanda serangan jantung biasanya terasa seperti ditusuk dan kesemutan yang menjalar ke bagian leher seperti tercekik.

"Rasa nyeri ini berlangsung selama 20 menit secara terus menerus dalam kondisi tidak melakukan kegiatan apapun, kalau nyeri karena naik dua lantai tapi ketika sudah santai hilang itu bukan serangan jantung ya. Jadi ketika serangan itu tidak harus dipicu aktivitas, dalam kondisi diam pun, jika tiba-tiba dada sesak, seperti ditusuk, panas, itu serangan jantung," ujar dr Meidian saat ditemui Suara.com beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana pertolongan pertama jika seseorang kena serangan jantung seperti yang dialami Butet Kertaradjasa? Baca halaman selanjutnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS