Ini Kelebihan Mengonsumsi Pil KB, Ketimbang Alat Kontrasepsi Lain

Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Ini Kelebihan Mengonsumsi Pil KB, Ketimbang Alat Kontrasepsi Lain
Kelebihan Pil KB lebih banyak ketimbang alat kontrasepsi lain. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Apa kelebihan mengonsumsi Pil KB daripada alat kontrasepsi lain?

Suara.com - Ini Kelebihan Mengonsumsi Pil KB, Ketimbang Alat Kontrasepsi Lain.

Berdasarkan laporan World Bank 2017, dalam sehari ada empat ibu di Indonesia meninggal dunia akibat melahirkan. Ini berarti, setiap enam jam, ada satu ibu yang meninggal disebabkan, karena kehamilan maupun melahirkan.

Tingginya angka kematian ibu menjadi salah satu perhatian untuk para perempuan di Indonesia agar lebih sadar terhadap pentingnya kesehatan reproduksi, termasuk perencanaan keluarga. Misalnya, dengan menggunakan metode kontrasepsi modern untuk menjaga jarak kelahiran serta kehamilan.

Menurut dokter spesialis kandungan, dr Tirsa Verani, Sp OG., mengonsumsi pil KB menjadi salah satu metode perencanaan keluarga yang menjadi favorit banyak perempuan di Indonesia setelah KB suntik.

Lantas, apa saja keunggulan pil KB? Berikut pemaparan Tirsa yang ditemui Suara.com dalam acara Pil KB Andalan FE #AktifTanpaAnemia, Senin (25/3/2019), di Bogor.

1. Efektif untuk menunda kehamilan

Dengan tingkat kegagalan kurang dari 1%, pil KB efektif untuk menunda kehamilan apabila diminum secara teratur setiap hari, pada jam yang sama.

2. Mengurangi rasa sakit akibat menstruasi

Mengonsumsi pil KB dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, beberapa dokter bahkan mereseplan pil KB untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh endometriosis.

3. Menyeimbangkan hormon

Sehingga mampu mengurangi jerawat dan tidak menimbulkan flek di wajah.

4. Mengurasi risiko kanker ovarium

Sebuah riset terbaru yang dilakukan melalui kroscek data kesehatan terhadap 1,9 juta perempuan berumur 19 hingga 49 tahun, menemukan bahwa penggunaan pil KB kombinasi yang memiliki kandungan homon estrogen dan progesteron dapat mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 21 %.

5. Mengembalikan kesuburan

Apabila ibu berhenti mengonsumsinya, karena ingin hamil kembali.

6. Mengandung zat besi

Pil KB yang beredar di pasaran saat ini memiliki kandungan hormonal yang rendah, serta diciptakan dengan nilai lebih. Salah satunya memiliki kandungan zat besi. Zat besi diperlukan untuk mengurangi risiko anemia pada perempuan, terutama saat haid.

Tunda kehamilan dengan cara yang tidak banyak menimbulkan efek samping, pil KB lebih baik daripada alat kontrasepsi lainnya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS