Jaga Emosi, Sering Marah Bisa Bikin Anda Gampang Sakit Lho!

M. Reza Sulaiman
Jaga Emosi, Sering Marah Bisa Bikin Anda Gampang Sakit Lho!
Sering marah bikin Anda gampang kena penyakit. (Shutterstock)

Nyatanya, sering marah juga dikaitkan dengan risiko gampang sakit.

Suara.com - Jaga Emosi, Sering Marah Bisa Bikin Anda Gampang Sakit Lho!

Menjaga emosi dengan tidak mudah marah bukan hanya membawa kestabilan jiwa. Nyatanya, sering marah juga dikaitkan dengan risiko gampang sakit.

Dilansir Popular-world.com, beberapa masalah kesehatan ini sudah dibuktikan penelitian bisa lebih mudah terjadi pada Anda yang sering marah-marah. Apa saja?

Gangguan Pencernaan

Saat marah, kadar asam lambung bisa meningkat. Dari hal itu, berbagai gangguan pencernaan mulai dari refluks asam, maag, GERD, hingga sembelit bisa menyerang Anda.

Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)
Sering marah bikin gampang sakit perut. (Shutterstock)

Sakit Kepala

Orang yang suka marah biasanya sering mengeluh sakit kepala. Pasalnya, terlalu emosional meningkatkan tekanan darah di kepala sehingga bisa memicu pusing atau migrain.

Penyakit Jantung

Mudah marah menimbulkan stres yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan penelitian juga membuktikan kalau orang yang mudah marah cenderung rentan terkena serangan jantung.

Depresi

Seperti yang sudah disebutkan, mudah marah berkaitan dengan stres. Ketika pikiran sudah terserang oleh stres dan depresi, tubuh pun rentan terkena berbagai macam penyakit.

Ilustrasi sakit kepala. (Shutterstock)
Sering marah bikin Anda gampang sakit kepala hingga hipertensi. (Shutterstock)

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah juga bisa meningkat pada orang yang suka marah. Tubuh perlu menjaga tekanan darah dalam kondisi normal agar tidak memicu masalah kesehatan lainnya.

Mudah Cemas

Orang yang mudah marah biasanya juga rentan terhadap perasaan cemas akan hal-hal sepele. Hal ini dapat memicu munculnya serangan kecemasan yang mampu mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sering Sakit

Sistem imun seseorang bisa menurun ketika dia mudah marah. Hal ini dapat memicu berbagai macam penyakit seperti sering demam, flu, atau batuk.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut bisa mengancam dirimu jika kamu sering marah-marah. Coba kendalikan amarahmu karena selain membahayakan kesehatan, terlalu sering marah juga bisa membahayakan hubunganmu dengan orang lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS