facebook

5 Aspek Tumbuh Kembang Anak yang Bisa Didapat Melalui Bermain

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
5 Aspek Tumbuh Kembang Anak yang Bisa Didapat Melalui Bermain
Anak bermain di alam terbuka. (Shutterstock)

Setiap aktivitas anak juga harus sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Suara.com - 5 Aspek Penting bagi Tumbuh Kembang Anak yang Bisa Didapat Melalui Bermain.

Saat ini aspek-aspek tumbuh kembang anak sulit didapat karena paparan penggunaan gadget. Padalah, untuk memenuhi aspek tumbuh kembang anak bisa didapat melalui metode bermain.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani mengatakan, setiap aktivitas anak harus sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Dengan bermain ada 5 aspek tumbuh kembang anak yang bisa dikembangkan lebih optimal. Berikut ia memaparkan 5 aspek tumbuh kembang anak yang diperoleh melalui bermain.

Baca Juga: Tingkat Kelaparan dan Anak-Anak Kurang Gizi di Asia Pasifik Terus Memburuk

Fisik

Aspek fisik bermafaat untuk menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halus anak. Melalui bermain tubuh anak aktif. Mereka melompat, berlari, berjalan, memegang, meraba, menggengam mainan, manarik benda, dan lain sebagainya.

Kognitif

Aspek kognitif bermanfaat untuk menigkatkan konsentrasi daya ingat dan keluasan wawasan. Saat anak-anak menyusun balok, mendirikan bangunan, mengecat dan lain sebagainya, itu melatih konsentrasi mereka untuk menyeselaikan permainan. Wawasan mereka pun bertambah dengan mengenal warna, bentuk, nama-nama hewan, dan masih banyak lagi.

Emosi

Baca Juga: Donorkan Ginjal untuk sang Suami, Gabriela: Anak-anak Membutuhkanmu

Saat bermain anak-anak berlatih untuk belajar mengalami semua jenis emosi dan mengendalikannya. Misalnya saat main sendiri mereka harus sabar ketika untuk bisa mengoperasikan suatu mainan, mengikuti petunjuk, dan mematuhi aturan permainan. Saat main bersama mereka juga belajar mengalah dengan teman atau sabar saat harus bermain gantian.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar