alexametrics

Perjalanan Mudik Jauh, Jaga Area Kewanitaan dengan Tips Berikut

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Perjalanan Mudik Jauh, Jaga Area Kewanitaan dengan Tips Berikut
Ilustrasi: Area kewanitaan harus dijaga kesehatan dan kebersihannya, termasuk saat perjalanan mudik. (Shutterstock)

Bagaimana menjaga area kewanitaan saat perjalanan mudik?

Suara.com - Perjalanan Mudik Jauh, Jaga Area Kewanitaan dengan Tips Berikut.

Menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan merupakan hal penting yang harus menjadi perhatian banyak perempuan, termasuk saat Anda sedang berada dalam perjalanan mudik sekalipun. Melakukan perjalanan yang memakan waktu berjam-jam atau seharian dan duduk di kendaraan, membuat area kewanitaan menjadi lebih lembap dari biasanya. Apalagi, Anda mungkin akan sering turun untuk buang air di toilet umum di tengah perjalanan.

Hal tersebut, kata dr. Anggraeni Noviandini, Sp, KK, dari NMW Clinic, membuat perempuan harus memperhatikan kebersihan dan kondisi area kewanitaannya selama di perjalanan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Bersihkan Area Kewanitaan Saat Menstruasi

"Tipsnya, yang pertama jangan pakai pakaian ketat selama perjalanan, apalagi kalau ini perjalanan darat yang panjang. Jangan lupa selalu membawa alkohol spay untuk membersihkan toilet di toilet umum. Hal ini sangat penting," ujar dia pada Suara.com.

Selain itu, lanjut dr. Anggraeni, sebaiknya kurangi pemakaian panty liner. Tapi, kalau memang terpaksa menggunakannya, sering-sering ganti panty liner, mengingat keputihan biasanya akan keluar saat kita kelelahan di perjalanan.

Jika tidak menggunakan panty liner, dia menyarankan agar penggantian celana dalam bisa rutin dilakukan, agar area kewanitaan tetap segar dan bersih.

"Nah, sesudah dari toilet, dikeringkan sebelum pakai celana dalam lagi. Jika tak yakin air di toilet umum itu bersih atau tidak, sebaiknya siapkan air mineral dalam botol atau air bersih untuk digunakan membasuh area kewanitaan," tambah dr. Anggraeni.

Semua itu, lanjut dia bisa menghindari are kewanitaan dari bakteri jahat penyebab infeksi. Selain itu, tips ini juga membuat kulit di organ intim tidak mudah iritasi, yang menyebabkan gatal atau lecet, sehingga tetap nyaman selama di perjalanan mudik.

Baca Juga: Awas, Infeksi di Area Kewanitaan Bisa Membuat Perempuan Sulit Hamil

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar