Tips Mudik Naik Kereta, 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat

Pebriansyah Ariefana
Tips Mudik Naik Kereta, 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (22/12).

Ketepatan waktu dan terhindar dari macet menjadi faktor utama pemudik rela mengantri mendapatkan tiket sejak jauh hari.

Suara.com - Tips mudik naik kereta. Mudik lebaran menggunakan kereta api masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar warga Jakarta.

Ketepatan waktu dan terhindar dari macet menjadi faktor utama pemudik rela mengantri mendapatkan tiket sejak jauh hari.

Besarnya animo masyarakat yang ingin mudik lebaran menggunakan kereta api membuat meningkatnya permintaan tiket kereta api. Diketahui PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada mudik lebaran tahun 2019 akan mengoperasikan 406 KA yang terdiri dari 356 KA regular dan 50 KA tambahan.

Dilangsir dari keretaapikita.com blog seputar kereta api, terdapat lima tips mudik lebaran menggunakan kereta api. Berikut lima tips yang perlu diperhatikan mudik naik kereta api.

Berdoa

Untuk memulai perjalanan dari rumah saat ingin bepergian seperti mudik lebaran dibiasakan dengan berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa diharapkan perjalanan dari rumah hingga kampung halaman bisa terjaga dengan selamat.

Siapkan barang bawaan dua-tiga hari sebelum keberangkatan

Menyiapkan barang bawaan paling ideal dua hingga tiga hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika ada daftar bawaan yang tertinggal atau tidak dibawa saat mudik lebaran.

Persiapan yang mendadak sangat beresiko bisa tertinggalnya barang bawaan seperti tiket. Selain itu untuk kenyamanan dan keamanan saat mudik lebaran bawalah barang bawaan secukupnya.

Pastikan Keadaan Rumah Aman

Saat mudik lebaran kunci pintu rumah dengan benar, cek kompor dan pompa air pastikan dalam keadaan mati. Bila hal tersebut tidak diperhatikan bisa menyebabkan resiko kebakaran.

Selain itu beri satpam amanah untuk mengawasi rumah ketika ditinggal mudik. Serta gembok kendaraan bila ditinggalkan didalam rumah.

Parkir kendaraan di stasiun

Jika khawatir kendaraan motor atau mobil tidak aman dirumah sebaiknya bawa ke staiun. Langkah tersebut dinilai cukup aman, namun tarif parkkr harus diperhitungkan. Biasanya tarif kendaraan motor atau mobil di stasiun cukup mahal.

Membawa Makanan Sendiri

Memesan makanan di restorasi kereta cukup mahal dibandingkan membeli diluar stasiun. Selain itu membawa makanan sendiri menghemat pengeluaran karena perjalalanan cukup jauh.

Selain itu siapkan air minum yang cukup mengingat suhu ruangan kereta yang dingin membuat anda dehidrasi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS